Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2022, 10:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Diler resmi Toyota Indonesia, Auto2000 memastikan masih melayani mobil yang sudah berusia tua atau biasa disebut motuba, di seluruh jaringan bisnisnya di Tanah Air.

Sehingga bagi pemilik kendaraan terkait yang belum punya bengkel langganan maupun minim pengetahuan terkait mobil tua yang digunakannya, tak perlu lagi khawatir soal perawatan.

Hanya saja, seperti dikatakan Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, tidak semua model motuba bisa dilayani dengan optimal. Sebab ada keterbatasan kemampuan teknisi dan ketersediaan komponen.

Baca juga: Biar Paham, Ini Fungsi Roller pada CVT Skutik

Toyota Great Corolla sampai kini masih banyak penggemarnyaGridOto.com Toyota Great Corolla sampai kini masih banyak penggemarnya

"Memang semakin tua mobil maka ketersedian komponennya makin berkurang. Tetapi dari pengalaman kami, masih ada juga mobil lama Toyota seperti Corolla Great ataupun Kijang Kotak yang masuk bengkel resmi," kata dia dalam diskusi terbatas di ICE BSD City, Tangerang, belum lama ini.

"Kijang TOB (Toyota Original Body) juga ada. Tetapi memang teknologi berbeda banget. Mobil yang dulu sebelum EFI, masih karburator, skill mekaniknya itu pun khusus. Jadi tidak semua bisa handle," lanjut Tara.

Meski demikian, seluruh mobil Toyota yang hendak melakukan servis di bengkel resmi Auto2000 tak akan ditolak. Hanya saja memang perlu sedikit waktu untuk melakukan perawatannya.

Apalagi jika dari sisi komponen tertentu, sedang tidak tersedia. Maka perseroan perlu meminta pengadaan ke Toyota Indonesia untuk kemudian dikirimkan dari Jepang.

Baca juga: Benarkah Peredam Kabin Mobil Bisa Bikin Boros BBM?

Auto2000Auto2000 Auto2000

"Biasanya kita juga konfirmasi soal ketersediaan part-nya. Seperti Crown tahun 2003 sampai 2005 masih ada. Tapi kalau kena elektrikal atau sistem komputer, butuh waktu. Kalau perawatan rutin, sepertinya tak ada masalah," ucap Tara.

Namun apabila konsumen tidak ingin menunggu lama, dikatakan bahwa pihak Auto2000 akan mencarikan solusi suku cadang dengan kode mesin yang sama. Seperti Kijang dan Corolla, yang biasanya memakai mesin 7k.

Dalam upaya meningkatkan layanan kepada pemilik mobil Toyota, Auto2000 menawarkan paket servis bernama 'Spontan'. Di mana, pemilik mobil bisa dapat perlindungan perawatan dalam periode tertentu.

"Harganya fix di awal. Jadi, misalnya harga suku cadang atau jasa naik, untuk si pemilik yang pakai Paket Spontan tidak berlaku," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.