Kompas.com - 22/08/2022, 19:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Peredam kabin mobil kini menjadi alternatif yang bisa dipilih untuk menunjang kenyamanan berkendara.

Mobil dengan kabin yang berisik bisa diredam dengan pemasangan lapisan peredam suara.

Harga yang ditawarkan untuk pemasangan peredam suara pada mobil juga variatif, tergantung merek dan patokan harga toko.

Namun, beberapa kabar mengatakan jika memasang peredam suara pada mobil menambah bobot kendaraan sehingga menjadi pemicu boros bahan bakar atau bensin.

Baca juga: Ini Lama Masa Berlaku Hasil Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Joko, Sales manager RPM Audio mengatakan jika itu hanya mitos karena bobot mobil akan seimbang dengan adanya peredam suara.

“Justru mobil jadi lebih seimbang karena saat ini teknologi yang digunakan untuk bahan peredam bukan lagi aspal karena bobotnya lebih berat,” kata Joko kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).


Maka dari itu, pemilihan material peredam sangatlah penting. Apabila salah pilih karena tergiur harga justru akan membuat mobil boros bensin.

Hal tersebut lantaran bahan yang digunakan yakni kualitas rendah. Umumnya, bahan yang terbuat dari aspal paling mudah dijumpai sehingga mobil menjadi berat.

Pemasangan peredam suara mobilRPM audio Pemasangan peredam suara mobil

Saat ini sudah banyak produk yang menggunakan material dengan teknologi yang canggih sehingga lebih ringan. Contohnya seperti aluminium yang dilapisi butyl rubber dan ramah lingkungan.

"Bobotnya jika keseluruhan di pasangkan dalam mobil kurang dari berat satu orang dewasa. Jadi hanya mitos kalau peredam kabin bisa buat lebih boros bahan bakar,” kata Joko.

Baca juga: Cara Mendaftar Uji Emisi Kendaraan via Laman E-Uji Emisi

Joko juga mengatakan jika peredam suara di mobil ada dua jenis yaitu untuk peredam getar dan peredam suara. Masing-masing jenis peredam suara mobil memiliki fungsi yang berbeda. Jika salah memasang tidak akan bekerja maksimal.

“Nah semuanya ada fungsinya untuk diterapkan di bagian mana pada sebuah mobil . Agar tidak salah pilih, pemilik mobil juga harus tahu pabrikan dari produk peredam yang digunakan untuk tahu kualitasnya,” kata Joko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.