Kompas.com - 22/08/2022, 13:17 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion di dalam kabin memang bisa digunakan untuk bercermin, tapi bukan itu fungsi utamanya. Banyak orang tidak tahu, apa fungsi spion tengah di dalam kabin mobil.

Padahal, kaca yang satu ini cukup penting bagi pengendara saat di jalan. Tentu saja, spion yang satu ini untuk melihat area belakang mobil. Tapi, sebenarnya apa sih fungsi utamanya?

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan spion di dalam kabin fungsinya untuk memantau area belakang mobil.

Baca juga: Begini Cara Atur Sudut Pandang Spion Tengah

Fungsi spion tengah pada kabins515i.com Fungsi spion tengah pada kabin

“Ketika mau bermanuver, pindah jalur atau berbelok, sebaiknya pengemudi memperhatikan area di belakang mobil apakah sudah aman atau belum, yaitu dengan memanfaatkan kaca spion di dalam kabin salah satunya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Dia mengatakan dari kaca spion tersebut pengemudi dapat memperkirakan sudah amankah bermanuver sembari menyalakan lampu sign tentunya. Cara tersebut tentu saja yang lebih aman.

“Selain itu juga bisa digunakan saat mobil ngerem, usahakan untuk tidak mengerem mendadak ketika di belakang terdapat kendaraan yang cukup dekat, itu bisa diketahui lewat spion tengah,” ucap Agus.

Baca juga: Bakal Ada Era Bus Pakai Spion Kamera, tapi Bukan Sekarang

Dia mengatakan spion tengah memang jarang digunakan, karena masih ada kaca spion di kanan dan kiri, tapi ketika parkir mundur mau tidak mau spion tengah bakal terpakai,” ucap Agus.

Dia mengatakan untuk mobil yang belum dilengkapi kamera mundur, maka kaca spion tengah ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Minimal bisa digunakan untuk melihat imbauan tukang parkir.

“Parkir menggunakan kaca spion kan susah, kalau tidak terbiasa akan merasa kurang percaya diri, maka dari itu masih saja ada pengemudi yang menoleh ke belakang untuk memperkirakan jarak mobil dengan batas parkiran,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.