Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan untuk Bercermin, Ini Fungsi Spion Tengah di Kabin Mobil

Kompas.com - 22/08/2022, 13:17 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion di dalam kabin memang bisa digunakan untuk bercermin, tapi bukan itu fungsi utamanya. Banyak orang tidak tahu, apa fungsi spion tengah di dalam kabin mobil.

Padahal, kaca yang satu ini cukup penting bagi pengendara saat di jalan. Tentu saja, spion yang satu ini untuk melihat area belakang mobil. Tapi, sebenarnya apa sih fungsi utamanya?

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan spion di dalam kabin fungsinya untuk memantau area belakang mobil.

Baca juga: Begini Cara Atur Sudut Pandang Spion Tengah

Fungsi spion tengah pada kabins515i.com Fungsi spion tengah pada kabin

“Ketika mau bermanuver, pindah jalur atau berbelok, sebaiknya pengemudi memperhatikan area di belakang mobil apakah sudah aman atau belum, yaitu dengan memanfaatkan kaca spion di dalam kabin salah satunya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Dia mengatakan dari kaca spion tersebut pengemudi dapat memperkirakan sudah amankah bermanuver sembari menyalakan lampu sign tentunya. Cara tersebut tentu saja yang lebih aman.

“Selain itu juga bisa digunakan saat mobil ngerem, usahakan untuk tidak mengerem mendadak ketika di belakang terdapat kendaraan yang cukup dekat, itu bisa diketahui lewat spion tengah,” ucap Agus.

Baca juga: Bakal Ada Era Bus Pakai Spion Kamera, tapi Bukan Sekarang

Dia mengatakan spion tengah memang jarang digunakan, karena masih ada kaca spion di kanan dan kiri, tapi ketika parkir mundur mau tidak mau spion tengah bakal terpakai,” ucap Agus.

Dia mengatakan untuk mobil yang belum dilengkapi kamera mundur, maka kaca spion tengah ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Minimal bisa digunakan untuk melihat imbauan tukang parkir.

“Parkir menggunakan kaca spion kan susah, kalau tidak terbiasa akan merasa kurang percaya diri, maka dari itu masih saja ada pengemudi yang menoleh ke belakang untuk memperkirakan jarak mobil dengan batas parkiran,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com