Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran 10 Mobil yang Akan Dibawa Chery ke Indonesia

Kompas.com - 22/08/2022, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sedikitnya terdapat 10 model kendaraan dari merek Chery yang akan masuk ke pasar Indonesia, sampai dengan 2025 mendatang. Beberapa produk terkait dikabarkan juga akan dirakit secara lokal.

Langkah tersebut merupakan salah satu implementasi komitmen prinsipal yang telah dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan senilai 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,9 triliun.

Demikian dikatakan oleh Tao Yong, President Chery Sales Indonesia (CSI) saat ditemui di sela-sela gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD City, Tangerang belum lama ini.

Baca juga: Porsi Penjualan Chery 60 Persen Mobil Listrik pada 2025

Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022

"Pada 3-5 tahun mendatang, khusus di pasar Indonesia kita berencana untuk membawa sekitar 10 model kendaraan termasuk mobil listrik," kata dia.

Lebin rinci, pada kendaraan berbahan bakar minyak atau pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE), produk yang akan dibawa ialah Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, Tiggo 4 Pro, dan Tiggo 2 Pro.

Kemudian juga ada Omoda 5 sebagai crossover terbaru dari Chery, termasuk untuk varian electric vehicle (EV)-nya. Mobil paling cepat, akan meluncur di tahun depan.

"Untuk new energy product (EV), selain dari Omoda 5 EV akan ada juga Tiggo 7 PHEV dan Tiggo 8 PHEV. Selain itu, kita juga punya model kendaraan listrik baru yaitu EO1 dan EO3 yang seperti Tesla," lanjut Tao Yong.

Meski demikian, ia masih belum bisa memastikan apakah seluruh kendaraan listrik tersebut bakal diproduksi lokal dengan skema Completely Knocked Down (CKD).

Baca juga: Ini Daftar Bengkel Uji Emisi Motor di Jakarta

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

Mengingat pada 2025, Chery menyasar 50-60 persen penjualan mobilnya di Indonesia merupakan kendaraan listrik.

"Tentu kita juga memiliki rencana untuk merakit lokal mobil listrik di Indonesia. Tapi pada tahap awal kami meminta support kepada pemerintah untuk bisa menghadirkan kendaraan listrik secara impor," ucap dia.

"Sebab langkah itu lebih cepat untuk membentuk pasar. Memproduksi mobil listrik rencana jangka panjang kami," kata Tao lagi.

10 Model Chery

1. Tiggo 7 Pro

2. Tiggo 8 Pro

3. Tiggo 4 Pro

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com