Kompas.com - 22/08/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya menjadi salah satu mobil low cost green car (LCGC) yang banyak dipilih oleh konsumen otomotif.

Selain menawarkan banderol yang terjangkau, LCGC dari Toyota ini juga diklaim irit perihal konsumsi bahan bakar sehingga cocok digunakan di perkotaan dan luar kota.

Toyota Agya diketahui tersedia dalam opsi mesin 1.200 cc dan 1.000 cc. Namun, memasuki pertengahan tahun 2022, varian 1.000 cc terlihat menghilang dari situs resmi Toyota Astra Motor (TAM).

Baca juga: Toyota Agya 1.0 Hilang dari Situs Resmi, Sinyal Stop Produksi?

Berdasarkan pantauan tim redaksi, kini hanya varian 1.200 cc yang masih dipajang dalam situs TAM dan dipasarkan di Tanah Air.

Menjawab hal ini, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengaku sudah menghentikan produksi Toyota Agya sejak 2021.

Toyota Agya LCGCStanly/Otomania Toyota Agya LCGC

“Iya (Agya stop produksi). Ini bukan hal yang baru, sudah sejak 2021,” ucap Anton kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Anton menambahkan, hal ini disebabkan faktor permintaan dari pasar. Menurut dia, untuk Agya 1.000 lebih sedikit peminatnya dibanding varian 1.200 cc sehingga saat ini pihaknya lebih berfokus untuk memasarkan satu varian mesin.

“Karena memang demand market untuk Agya lebih ke 1.200 cc. Jadi kita fokus ke 1.2. Tentu demand ini akan kita monitor terus-menerus,” kata dia.

Dilansir dari data wholesales Gaikindo, penjualan Toyota Agya sejak tahun 2018 trennya memang terlihat menurun. Bahkan, pada tahun 2021, Toyota hanya berhasil menjual satu unit Agya tipe G dengan transmisi manual.

Tercatat pada 2018, distribusi Agya dari pabrik ke diler sebanyak 481 unit, sedangkan pada 2019 mencapai 5.074 unit. Angka tersebut merupakan gabungan unit Agya 1.000 cc dengan transmisi manual dan otomatis.

Baca juga: Benarkah Mobil LCGC Minum BBM Pertalite Bikin Garansi Hilang?

Penjualan Toyota Agya kembali turun pada tahun 2020, yakni hanya 15 unit. Di tahun ini pabrik hanya mendistribusikan unit Agya dengan transmisi manual. Hingga pada tahun 2021, angka penjualan Toyota Agya semakin terpuruk, yakni hanya terjual satu unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.