Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

Kompas.com - 03/08/2022, 20:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri pembuat bodi bus di Indonesia saat ini mulai turut menyematkan spion kamera pada unit busnya. Kamera di sini menggantikan cermin cembung yang biasanya dipasang dengan model tanduk.

Ukuran dari kamera yang lebih kecil membuat tampilan spion ini berbeda secara eksterior. Berbeda dengan spion tanduk, di mana posisi kaca dibuat lebih maju sehingga pengemudi bisa melihat lebih jelas.

Ukuran spion kamera yang kompak ini ternyata jadi dilema. Masih ada yang kurang sreg melihat hilangnya spion yang panjang ke arah depan, tampilan bus terasa janggal tanpanya.

Baca juga: Bus Pakai Spion Kamera Belum Diminati, Masih Gemar Pakai Spion Tanduk

Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

Deddy Hermawan, Design Development Karoseri New Armada mengatakan, spion kamera yang dipasang pada bus saat ini masih mencari bentuk yang pas untuk dilihat.

"Bentuk mirror cam nampaknya masih berevolusi, saat ini masih belum bisa memuaskan banyak pihak," ucap Deddy kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Memang kalau dilihat, spion kamera yang ada di bus saat ini cuma berbentuk kotak saja. Berbeda dengan spion tanduk yang desainnya bisa selaras dengan selendang dan bando, jadi satu elemen dengan bus.

Baca juga: Siap Meluncur, Suzuki S-Presso Pakai Transmisi AGS


"Bentuk mirror cam di luar negeri juga masih bebas mencari," kata Deddy.

Deddy menambahkan, bentuk dari spion kamera jadi tantangan baru para desainer bus. Harapannya model spion kamera bisa diterima masyarakat sehingga mulai tren inovasi tersebut pada bus di jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com