Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Berikan Layanan Purna Jual untuk Pemilik Ertiga Smart Hybrid

Kompas.com - 18/08/2022, 16:31 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut menghadirkan mobil ramah lingkungan terbarunya di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yaitu Ertiga Smart Hybrid.

Sebelumnya, mobil ini diluncurkan pada 10 Juni 2022 dengan berbekal teknologi Suzuki Smart Hybrid. Mobil ini resmi menjadi low multi purpose vehicle (LMPV) elektrifikasi pertama produksi dalam negeri.

Namun berbeda dengan mobil elektrifikasi yang sepenuhnya mengandalkan listrik, sumber tenaga mobil ini adalah mesin bensin konvensional yang digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan lithium-ion battery.

Baca juga: Menuju Era Elektrifikasi, Indonesia Perlu Mencari Model Bisnis Terbaik

Terkait komponen baterai lithium-ion yang digunakan di mobil ini, pihak Suzuki mengatakan sudah ada beragam program maintenance yang disiapkan agar konsumen tidak perlu khawatir memikirkan servis dan lainnya.

"Untuk Suzuki Smart Hybrid, kita memberikan garansi lima tahun. Di mana ini adalah perpanjangan dari unit-unit sebelumnya," ucap Adhi Prasojo, 4W Technical Service Section Head PT SIS di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/8/2022).

Sementara itu, untuk menjaga keawetan baterai lithium-ion, Adhi menyarankan pemilik Ertiga Smart Hybrid untuk rutin melakukan pengecekan ataupun servis berkala. 

Suzuki Ertiga Smart HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Baca juga: 6 Mobil Termahal di GIIAS 2022, Paling Mahal Tembus Rp 7,7 Miliar

"Pertama kita edukasi ke kustomer untuk servis berkala. Lifetime baterai lithium-ion kita, sudah diconfirm 5 sampai 10 tahun. Dan itu sangat kecil sekali mengalami kerusakan. Konsumen tidak perlu khawatir, kita juga memberikan garansi sampai dengan 5 tahun ataupun 100.000 Km," ucap dia, melanjutkan.

Jika mengalami kerusakan khususnya dalam masa garansi, Head of 4W Service Area PT SIS Purnomo Adi mengatakan bahwa baterai akan diganti.

"Biar enggak ada kepikiran lagi menyiapkan budget Rp 15 juta (harga baterai lithium-ion)," ucap Purnomo.

Sedangkan untuk mengetahui jika baterai mengalami kerusakan, ia menjelaskan pemilik bisa langsung melihat bar indikator yang ada pada baterai lithium-ion tersebut. Pemilik juga disarankan untuk selalu cek di bengkel resmi, melakukan perawatan berkala sesuai yang tertulis di buku pelanggan, serta gunakan mobil dengan rutin.

Sebagai informasi, All New Ertiga Smart Hybrid dibanderol di angka Rp 270,3 juta sampai Rp 292,3 juta. Unitnya bisa dilihat langsung di booth Suzuki selama masa pameran berlangsung hingga 21 Agustus 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com