Naik 60 Persen, Ekspor Toyota Indonesia Lampaui Kinerja Pra-pandemi

Kompas.com - 17/08/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi ekspor mobil utuh (completely built-up) dari Toyota Indonesia tahun ini tembus 160.000 unit atau melesat 60 persen secara tahunan, periode Januari-Juli 2022.

Capaian ini berhasil melampaui volume ekspor prapandemi Covid-19 atau 2019. Sampai akhir tahun, Toyota Indonesia mengaku optimistis bisa mencapai target ekspor 260.000 unit.

Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menyatakan, kondisi tersebut dipacu kuatnya penerimaan model-model andalan ekspor Toyota dan produk baru, seperti Fortuner dan Veloz.

Baca juga: Meluncur Bersamaan, Simak Perbedaan Toyota GR 86 dan Subaru BRZ

Ekspor Toyota dari Pelabuhan Patimban, Jawa BaratKOMPAS.com/Ruly Ekspor Toyota dari Pelabuhan Patimban, Jawa Barat

"Kemudian negara-negara tujuan ekspor kita juga pertumbuhan ekonominya itu cukup baik seperti Timur Tengah. Wilayah Asia Tenggara pun begitu, recovery-nya bagus dengan laju pertumbuhan 5-7 persen," kata dia, Senin (15/8/2022).

Selain itu, negara tujuan ekspor Toyota Indonesia pun bertambah. Dari sebelumnya mencapai 80 negara tujuan, kini jumlah pasar meningkat hingga lebih dari 100 negara, seperti Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

"Padahal, kan kita lagi di tengah kekhawatiran ekonomi dunia akan resesi. Jadi torehan ini patut disyukuri. Mudah-mudahan sampai akhir tahun bisa mencapai apa yang menjadi target kita, sekitar 260.000 unit (ekspor)," lanjut Bob.

Baca juga: Toyota Pertimbangkan Kenaikan Harga Mobil pada Kuartal IV/2022

Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia KOMPAS.com/Gilang Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Dia menambahkan, saat ini, ekonomi dunia terancam resesi. Kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut. Namun, uniknya, penyerapan tenaga kerja meningkat.

"Menariknya di Asia, ekonomi tidak terlalu buruk seperti di Jepang yang pada beberapa tahun ke belakang mengalami inflasi. Jadi di tengah tekanan global, ada blessing bagi sejumlah negara," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.