Kompas.com - 17/08/2022, 07:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) mengungkapkan berniat memasarkan beberapa mobil listrik di pasar dalam negeri pada kuartal pertama tahun depan, atau Januari-Maret 2023.

Model yang disiapkan, adalah dua mobil listrik Niro EV dan EV6. Kemudian, satu Sorento hybrid, di mana ketiganya sudah dipajang di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ICE BSD City, Tangerang.

"Rencana kami, (menjual kendaraan listrik) itu di kuartal pertama tahun depan. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan bisa dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah kita tentukan, dan langsung delivery," kata Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Bisa Pesan Kia Niro EV dan EV6 GT-Line di GIIAS 2022, Ini Kisaran Harganya

Mobil listrik Kia EV6 GT-Line hadir di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Mobil listrik Kia EV6 GT-Line hadir di GIIAS 2022

Tetapi dikarenakan animo masyarakat khususnya di kelas menengah ke atas di gelaran GIIAS 2022 sangat tinggi terhadap kendaraan listrik baru yang dibawa KIA tersebut, perseroan pada akhirnya membuka pemesanan awal.

Jadi, para konsumen terkait bisa langsung mendapatkan mobil usai diluncurkan tahun depan mendatang.

"Saat kita bawa, animo masyarakat begitu besar baik di booth maupun di area test drive. Akhirnya, kita buka inden dengan kisaran harga yang telah dittapkan bagi konsumen yang benar-benar ingin membelinya," ucap Ario.

Sejak dibuka pemesanan, perseroan mengklaim sudah mendapatkan total 60 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) dari kedua model kendaraan listrik murni, yaitu Niro EV dan EV6 GT-Line.

Baca juga: Sorento HEV, Niro EV dan EV6 GT-Line Jadi Peluru Kia

Dalam kesempatan serupa, diungkapkan juga bahwa kisaran harga untuk Niro EV di pasar Indonesia saat ini ialah Rp 800 jutaan.

Sementara EV6 GT-Line dipasarkan dengan banderol Rp 1,2 miliar. Tapi khusus Sorento HEV, belum diinformasikan karena kebijakan perusahaan.

"Terkait kuotanya, kita masih bicarakan ke prinsipal karena perlu diketahui juga bahwa mobil ini di dunia indennya sedang panjang. Permintaannya tinggi. Tapi kita usahakan agar sesuai ekspektasi konsumen," ucap Ario.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.