Kompas.com - 16/08/2022, 08:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 juga dimeraihkan dengan kehadiran beberapa mobil sport, seperti Toyota GR86 dan Subaru BRZ.

Untuk GR86, GIIAS 2022 bukan jadi yang pertama kalinya mobil ini dipamerkan. Sementara untuk BRZ, mobil kedua mobil sport ini memang meluncur ke pasar Indonesia dalam waktu bersamaan.

Baca juga: 10 Unit Subaru BRZ Diklaim Terjual Hanya Dalam 1 Jam di GIIAS 2022

Semangat kolaborasi memang melebur antara Toyota dan Subaru saat mengembangkan mobil sport kompak ini. Tetapi, meski berstatus product sharing, selalu ada beberapa perbedaan pada kedua mobil sport ini.

Toyota GR86 dan Subaru BRZDok. Motortrend.com Toyota GR86 dan Subaru BRZ

Pada bagian depan, jika dilihat sekilas mungkin seperti pinang dibelah dua. Tapi, jika diperhatikan, terlihat perbedaannya di bagian gril. Selain itu, bagian bumper juga memiliki sedikit perbedaan.

Pada lampu utama, BRZ sudah dilengkapi LED DRL yang memanjang hingga ke bagian atas. Sementara pada GR 86, lampu tersebut hanya menghiasi bagian bawahnya saja.

Baca juga: Spesifikasi All New Subaru BRZ yang Meluncur di GIIAS 2022

Perbedaan berikutnya adalah bobot kendaraan. Untuk GR 86, bobotnya hanya 1.277 kg. Sedangkan BRZ, beratnya mencapai 1.280 kg. BRZ lebih berat sekitar 3 kg dibanding GR86.

Toyota GR86 dan Subaru BRZDok. Motor1.com Toyota GR86 dan Subaru BRZ

Soal dapur pacu, keduanya memang sama-sama dibekali dengan mesin boxer berkapasitas 2.400 cc. Tapi, rasio kompresinya berbeda. Pada GR86, rasio kompresinya 12,5:1. Sementara pada BRZ, rasionya 13,5:1.

Sehingga, tenaga yang dihasilkan juga sedikit berbeda. Menurut data spesifikasi dari masing-masing APM, GR 86 menghasilkan tenaga hingga 231,7 tk pada 7.000 rpm. Sedangkan BRZ, tenaganya 233,7 tk pada 7.000 rpm. Untuk torsinya masih sama, yakni 250 Nm pada 3.700 rpm.

Baca juga: Toyota GR 86 Hadir di GIIAS, Harga Rp 938,5 Juta

Toyota GR86 dan Subaru BRZDok. Motortrend.com Toyota GR86 dan Subaru BRZ

Pada bagian interior, terdapat sedikit perbedaan. Sebab, interior dan jok BRZ sudah dilapisi dengan material kulit dan Alcantara, bahkan pada varian termurahnya sekalipun. Sementara GR86, tidak menyediakan opsi tersebut.

Terakhir, perbedaan harga yang cukup signifikan. Toyota GR 86 dibanderol Rp 922 juta (OTR Jakarta) untuk tipe manual. Sedangkan tipe matiknya, dijual Rp 938,5 juta (OTR Jakarta).

Toyota GR86 dan Subaru BRZDok. Motortrend.com Toyota GR86 dan Subaru BRZ

Saudara kembarnya dipasarkan dengan harga yang lebih murah. Subaru BRZ dibanderol Rp 825 juta (OTR Jakarta) untuk tipe manual. Sementara tipe matik, harganya Rp 850 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.