Regulasi Konversi Mobil Konvensional Jadi Mobil Listrik Segera Terbit

Kompas.com - 16/08/2022, 19:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Regulasi mengenai konversi mobil dengan mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) menjadi elektrik berbasis baterai segera diresmikan.

Aturan mengenai konversi kendaraan ini melanjutkan regulasi sebelumnya yang baru membahas soal konversi motor konvensional ke motor listrik.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengatakan, saat ini Rancangan Peraturan Menteri (RPM) sudah ada persetujuan dari presiden.

Baca juga: Bahas Konversi Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV

Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

"Kami tinggal tunggu pengundangan dari Kumham dan dari Menteri untuk dinomorkan," kata Dewanto di Tangerang, Selasa (16/8/2022).

Untuk rancangannya, sudah dibahas dan uji publik, serta harmonisasi. Selain itu juga rancangan peraturannya sudah dapat izin dari presiden.

"Sekarang setiap PM harus ada persetujuan dari presiden, supaya tidak ada peraturan yang nantinya akan tumpang tindih atau bertentangan dengan program pemerintah," kata Dewanto.

Baca juga: Punya Bus Podcast, Apa Adiputro Buka Pesanan Bus Custom?


Setelah dapat nomor pengundangannya, tinggal dilakukan sosialisasi. Kabarnya tahun ini sudah siap diresmikan dan mulai lakukan sosialisasi.

"Saya kira tahun ini sudah (siap), tapi tetap tunggu dulu harus ada bengkel-bengkel konversi yang daftar dulu ke kami," kata Dewanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.