Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro membawa Jetbus Transit dengan kabin yang dirombak jadi studio podcast ke GIIAS 2022. Padahal, Jetbus Transit umumnya digunakan sebagai bus perkotaan dengan pintu masuk rendah (low entry).

Lantas dengan dipajangnya bus dengan kabin yang dibuat sebagai studi podcast, apakah Adiputro membuka layanan custom bus sesuai kemauan dari pemesannya?

Direktur Adiputro David Jethrokusumo mengatakan, Adiputro tidak secara khusus membuat divisi khusus untuk custom bus, tapi bisa menyesuaikan dengan keinginan pemesan.

Baca juga: Kenapa Laksana Tidak Luncurkan SR3 dengan bodi Bus Tingkat?

Kabin Bus baru PO Juragan 99 TransDOK. ADIPUTRO Kabin Bus baru PO Juragan 99 Trans

"Kita tidak khususkan ada custom, cuma kalau ada kebutuhan selama kita mampu, kita kerjakan," ucap David di Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Ubahan yang dilakukan pada Jetbus Transit ini sebenarnya cuma di bagian dalam. Adiputro membantu mendesain dan membuat sofa serta meja untuk podcast. Selain itu, dari sisi peredaman juga turut ditambah.

David menjelaskan, jika memang ada permintaan bus custom, karoseri bakal melihat dahulu konsepnya seperti apa. Jadi semuanya tergantung dari kemauan customer serta kemampuan dari karoseri memenuhinya atau tidak.

Baca juga: Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal


Selain Jetbus Transit, sebelumnya juga ada Jetbus 3+ SDD milik PO Juragan99 Trans yang kabinnya dirombak total. Bus tingkat tersebut kini cuma diisi bangku di dek atas, di bawah khusus untuk barang, smoking area, sampai tempat istirahat driver.

Sedangkan di kabin atas, ada tiga bangku dream coach alias selonjoran. Selain itu untuk bangku sisanya juga memakai model lebar dengan legrest yang bisa dibuat panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com