Kompas.com - 14/08/2022, 09:21 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sukses memberikan kejutan pada para pecinta otomotif yang datang ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Daihatu menghadirkan mobil listrik Ayla EV yang merupakan hasil konversi.

Banyak pabrikan otomotif yang lain memilih untuk menghadirkan mobil listrik dengan model baru. Sementara Daihatsu, mengambil langkah yang berbeda dengan memamerkan mobil listrik hasil konversi.

Baca juga: Masih Studi, Daihatsu Mulai Proyek Ayla EV sejak 2020

Namun demikian, Ayla EV diklaim merupakan hasil dari pusat penelitian dan pengembangan (litbang) milik Daihatsu yang dilakukan di Indonesia.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Presiden Direktur ADM Yasushi Kyoda mengatakan, Daihatsu memiliki R&D Center alias pusat litbang terbesar di Indonesia, terletak di Karawang, Jawa Barat, beroperasi sejak 2011.

"Kami juga sudah memulai pengembangan baterai EV di R&D Center kami," kata Kyoda, saat pembukaan booth, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Alasan Daihatsu Pilih Ayla Dikonversi Jadi Mobil Listrik

Kyoda menambahkan, Ayla EV merupakan purwarupa konversi baterai EV yang dikembangkan oleh tim litbang Daihatsu Indonesia.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, mengatakan, pihaknya melakukan pengembangan terhadap Ayla EV dimulai akhir 2020.

"Pengembangan detail dan konversinya kita lakukan di 2021. Untuk desainnya, kita lakukan di 2022. Ini masih mobil konsep, jadi masih dilakukan studi. Kita akan menyelesaikan proses studi terlebih dahulu sampai memenuhi tiga pilar kendaraan, yakni kualitas, convert ke customer, dan termasuk safety," kata Agung.

Ban Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Ban Daihatsu Ayla EV

Anjar Rosjadi, Product Planning Division Head PT ADM, mengatakan, Daihatsu merencanakan pengembangan kendaraan listrik berbasiskan Daihatsu Ayla.

"Ayla sendiri merupakan LCGC pertama yang didesain oleh engineer lokal dan dibuat di Indonesia," ujar Anjar, dalam video presentasi Ayla EV.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.