Mobil Tanpa Filter Udara Konsumsi BBM Bisa Jadi Lebih Boros

Kompas.com - 13/08/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik kendaraan lalai terhadap fungsi saringan udara. Komponen ini sering diabaikan perawatannya, bahkan ada yang sengaja tidak dipasang karena sudah rusak.

Pemilim mobil tersebut beranggapan tidak akan terjadi apa-apa bila hanya tidak memasang saringan udara.

Padahal saringan udara berfungsi cukup penting, yaitu untuk menyaring kotoran yang terbawa oleh udara sebelum masuk ke dalam ruang bakar. Dengan kata lain, bila mobil tanpa dipasang saringan udara maka kotoran berpeluang masuk ke dalam ruang bakar.

Lantas, apa yang akan terjadi bila saringan udara tidak dipasang?

Baca juga: Kenapa Filter Udara yang Kotor Bikin Motor Boros BBM?

Mesin All New Toyota GR 86KOMPAS.com/Ruly Mesin All New Toyota GR 86

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mesin tanpa saringan udara akan membuat piston lebih cepat berkerak karena udara yang masuk kotor, hal itu juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

“Partikel debu akan ikut masuk sehingga jumlah udara murni berkurang, hal ini bisa bikin boros bahan bakar karena jumlah udara selalu kurang dari yang dibutuhkan, tp lebih berbahaya buat ruangan di silinder bisa tergores dan cepat berkerak pistonnya” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Dia mengatakan sensor udara membaca udara yang masuk sekian, tapi sebenarnya partikel debu juga banyak yang masuk sehingga hal itu membuat udara yang diproses dalam ruang bakar selalu kurang.

Baca juga: Dampak Buruk Filter Udara Mobil yang Kotor

Ruang Mesin Hyundai StargazerKOMPAS.com/Adityo Wisnu Ruang Mesin Hyundai Stargazer

Hal ini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros karena campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak ideal, akhirnya tenaga mesin berkurang.

"Mesin menjadi lebih cepat kotor dan membutuhkn perawatan rutin lebih sering," ucap Ibrohim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.