Kompas.com - 24/07/2022, 18:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Tak jarang, pemilik mobil mengeluhkan tarikan mesin yang loyo dan bensin boros.

Hal ini bisa disebabkan beberapa masalah, tapi yang paling sering terlewat adalah karena filter udara yang kotor imbas jarang diperhatikan. 

Perlu diketahui, filter udara yang kotor bisa mempengaruhi performa mesin lantaran menyebabkan sumbatan.

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Bambang Sri Haryanto, filter udara yang kotor berisiko memperparah kondisi ruang bakar. Selain knocking atau mesin ngelitik, konsumsi bahan bakar juga lebih boros. 

"Filter udara yang kotor berpengaruh pada udara masuk ke intake ruang bakar yang jumlahnya semakin sedikit," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Cara Merawat Komponen Rem ABS pada Mobil

Dia menjelaskan, proses pembakaran mesin tak bisa sempurna lantaran pasokan udara terhalang debu dan kotoran. Perangkat ECU membaca udara dan bahan bakar tidak seimbang. 

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

"Kotoran semakin banyak di kertas saringan filter membuat bacaan ECU terhadap pasokan udara dan bahan bakar sistem pembakaran disesuaikan," ucap Bambang. 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Andika Herda Permana juga menjelaskan hal yang serupa, yakni imbas filter udara yang kotor akan membuat kerak di ruang bakar lebih banyak. Jika dibiarkan risikonya mesin akan ngelitik. 

"Cek filter udara bisa dilakukan rutin, kalau dirasa tarikan mesin kurang bertenaga atau konsumsi BBM lebih boros filter bisa di bersihkan," ujar Dika. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.