Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Motor Wajib Tahu Kapan Waktu Tepat Ganti Rantai dan Gir

Kompas.com - 12/08/2022, 18:41 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Sejak pertama kali dipasarkan sepeda motor bebek dan sport sistem penggeraknya menggunakan rantai dan gir.

Kedua komponen tersebut fungsinya sangat penting, tak heran jika masuk daftar perawatan wajib.

Gir dan rantai berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, namun performanya bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Untuk itu, sebelum kondisinya parah dan membahayakan, penting untuk memahami kapan waktu tepat pergantian rantai dan gir sepeda motor.

Menurut Kepala Bengkel Kawasaki Majapahit Semarang Untung Budi Subagyo, tidak ada batas waktu pergantian gir dan rantai.

Baca juga: All New Honda HR-V Inden Sampai Tiga Bulan

"Tidak ada patokan pasti, namun bisa dilihat dari fisik keausannya. Patokan pergantian dilihat dari kekencangan rantai," kata Untung kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Motor bebek atau sport mempunyai setelan ukuran kekencangan rantai terletak di bagian ujung. Jika dirasa sudah mentok alias habis tandanya rantai motor memasuki waktu pergantian.

Cek kekencangan rantai motorDicky Aditya Wijaya Cek kekencangan rantai motor

"Bisa disetel, lihat kekencangan rantai, kalau terlalu kendor bisa di stel ulang sesuai standar kekencangan," tambahnya.

"Setel ulang rantai dengan cara dimundurkan, kalau habis tidak bisa disetel lagi baru diwajibkan ganti. Satuan toleransi kerenggangan 10-15 milimeter," ucap Untung.

Selain itu, gejala gir dan rantai yang sudah harus diganti bisa ditandai dengan bunyi kasar saat berkendara.

Hal tersebut seperti di ungkapkan Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Pedurungan Hendro Mahardika yang menyatakan, rantai yang sudah kendor bisa diketahui dari munculnya bunyi suara kasar.

Baca juga: Optimistis Terjun ke Motor Listrik, Berapa Target Alva One?

Rantai Motor DID X VR46 Signature EditionKOMPAS.com/STANLY RAVEL Rantai Motor DID X VR46 Signature Edition

Penyebabnya kekencangan rantai yang menempel ke gir sudah terlalu longgar. Lebih pastinya, bisa cek setelan rantai, perhatikan bagian pin dan mata rantai.

"Jika disetel rantai bergelombang atau clearance lebih dari 4 mm wajib ganti. Itu artinya kondisi rantai tidak stabil," kata Hendro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com