Kompas.com - 09/08/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu New Sirion dan Honda Brio RS merupakan city car yang secara spesifikasi bersaing cukup ketat. Begitu pula dengan sensasi berkendara yang ditawarkan.

Untuk Daihatsu New Sirion, masih dibekali dengan mesin 1NR-VE Dual VVT-i dengan kubikasi 1.300 cc yang memiliki tenaga sebesar 93 tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 119 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga: Adu Fitur Sirion Facelift dan Brio RS, Mana Lebih Lengkap?

Mesinnya masih sama, tapi transmisi yang disematkan berbeda, yakni Dual CVT (D-CVT). Perubahan transmisi memberikan dampak besar pada akselerasi dan performa New Sirion secara keseluruhan.

Transmisi D-CVT SirionADM Transmisi D-CVT Sirion

Kombinasi huruf dan angka pada tuas transmisi juga sedikit berbeda. Terdapat huruf S (Sport) yang dapat digunakan saat akan menyalip, sehingga akselerasinya lebih responsif.

Lalu, ada B (Braking) yang berguna saat melewati turunan yang cukup curam, karena berfungsi sebagai engine brake.

Transmisi D-CVT ini terasa kurang responsif saat putaran bawah. Tapi, ketika kecepatannya sudah melewati 60 km/jam, maka baru terasa performanya lebih baik. Selain itu, napasnya juga terasa lebih panjang.

New Honda Brio RSOtomania/Setyo Adi New Honda Brio RS

Soal posisi berkendara, New Sirion juga menawarkan posisi yang cukup ergonomis. Dimensinya yang kompak juga membuat New Sirion cocok untuk konsumen di perkotaan.

Sementara untuk Honda Brio RS, dapur pacunya dilengkapi dengan mesin 1.2 L, i-VTEC, 4-silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Terdapat dua pilihan transmisi, yakni manual dan CVT.

Komparasi Daihatsu New Sirion dan Honda Brio RSDok. Kompas.com Otomotif Komparasi Daihatsu New Sirion dan Honda Brio RS

Dari pengetesan yang sudah dilakukan tim redaksi Kompas.com beberapa waktu lalu, performa transmisi Brio RS cukup responsif, khususnya di jalanan perkotaan.

Posisi berkendara yang ditawarkan cukup ergonomis, meskipun setirnya hanya bisa diatur tilt atau tinggi rendahnya dan belum teleskopik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.