Menko Airlangga: Wuling Bisa Produksi Mobil Listrik Tanpa Banyak Permintaan

Kompas.com - 09/08/2022, 17:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) sudah meresmikan produksi perdana mobil listrik Air ev. Langkah ini mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto.

"Kami apresisasi bahwa ini adalah BEV yang diproduksi secara nasional dan tidak minta macam-macam, langsung diproduksi saja," ujar Airlangga, dalam sambutannya, saat peresmian produksi perdana Wuling Air ev, di pabrik Wuling, di kawasan Deltamas, Cikarang, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Belum Sebulan, Pesanan Mobil Listrik Wuling Air ev Diklaim 1.000

"Jadi, ini merupakan suatu hal yang membuktikan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah sudah sangat tepat dan berbeda dengan yang lain, di sini lebih banyak bekerja daripada berbicara," katanya.

Menko Airlangga Hartarto meresmikan produksi perdana mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Donny Menko Airlangga Hartarto meresmikan produksi perdana mobil listrik Wuling Air ev

Airlangga menambahkan, dengan peluncuran ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa menggunakan mobil listrik yang harganya terjangkau.

Untuk diketahui, Wuling Air ev akan dibanderol di kisaran Rp 250 jutaan untuk tipe Standard Range. Sedangkan tipe Long Range, akan dipasarkan di kisaran Rp 300 jutaan.

Baca juga: Diproduksi di Cikarang, Wuling Klaim TKDN Air ev di Atas 40 Persen

"Dengan adanya mobil EV ini diharapkan dapat menciptakan net zero emission dan dengan semakin banyak kota-kota yang menggunakan EV, tingkat pencemaran lingkungannya semakin menurun,” ujar Airlangga.

Deretan mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Donny Deretan mobil listrik Wuling Air ev

Airlangga mengatakan, berharap Wuling yang usianya baru tujuh tahun di Indonesia, bisa menjadi pemimpin sebagai produsen kendaraan listrik di Indonesia.

"Dengan investasi sebesar USD 1 miliar, 10.000 karyawan, dan luas area sebesar 60 hektar, ini juga menjadi salah satu basis ekspor otomotif Indonesia," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.