Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Sirion Facelift dan Brio RS, Mana Lebih Lengkap?

Kompas.com - 06/08/2022, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu New Sirion dan Honda Brio RS kerap kali dibanding-bandingkan konsumen yang ingin membeli city car. Salah satu faktor penentunya adalah kelengkapan fitur.

Mobil zaman sekarang sudah cukup canggih. Produsen mobil juga tak segan-segan menyematkan fitur-fitur terkini. Lantas, siapa yang lebih lengkap antara New Sirion dan Brio RS?

Baca juga: Daftar Harga Bekas Ignis, Brio, dan Sirion di Semarang

Daihatsu New Sirion

Seperti diketahui, city car yang satu ini baru saja mengalami facelift. Selain mendapat ubahan pada eksterior dan interiornya, fitur pun dibuat lebih lengkap dibanding model sebelumnya.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

New Sirion sudah dilengkapi keyless yang disebut dengan Key Free System. Lalu, pengemudi juga dimanjakan dengan adanya tombol Engine Start Stop, sehingga mudah untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Kemudian, pada panel instrumen sudah menggunakan kombinasi analog dan layar TFT yang tampilannya lebih tajam dan mudah dibaca.

Baca juga: Jajal Performa Daihatsu New Sirion Jelajahi Manado-Tomohon

Untuk hiburan, head unit 7 inci pada New Sirion sudah dapat terkoneksi dengan smartphone via Android Auto dan Apple CarPlay dan juga koneksi Bluetooth.

New Sirion juga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik berkat adanya Idle Stop System. Teknologi tersebut belum ada pada Brio RS.

Selanjutnya, terdapat fitur Auto Headlight, di mana saat melewati daerah yang minim penerangan atau jelang malam, lampu utama langsung menyala secara otomatis.

Daihatsu juga menyematkan Sirion dengan Air Purifier untuk membuat sirkulasi udara pada kabin tetap bersih.

Fitur idle stop system SirionADM Fitur idle stop system Sirion

Soal fitur keselamatan, Sirion facelift sudah dilengkapi dengan Speed Sensing Door Lock yang bekerja mengunci pintu otomatis ketika laju mobil melewati kecepatan 20 kpj, dan juga Hill Start Assist (HSA).

Fitur keselamatan lainnya yang disematkan pada Sirion facelift adalah, empat airbag, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), kamera parkir, dan lainnya.

Honda Brio RS

Mobil ini mengusung teknologi yang cukup modern pada sektor hiburannya. Brio RS sudah dibekali layar 6,2 inci dan dapat dikoneksikan dengan USB Port, Bluetooth, dan Aux.

Honda Brio RSKOMPAS.com / Gilang Honda Brio RS

Untuk mengakses fitur pada head unit, juga bisa dioperasikan melalui tombol fungsi di lingkar kemudinya, sama seperti pada New Sirion.

Baca juga: Ulik Interior, Lebih Nyaman Daihatsu New Sirion atau Honda Brio RS?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com