Uji Konsumsi Bahan Bakar Mazda CX-5, Capai 13,3 Kpl

Kompas.com - 09/08/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda CX-5 merupakan salah satu jagoan Mazda di Indonesia di segmen SUV menengah. Apalagi untuk generasi terbaru, CX-5 dibekali dengan berbagai ubahan sampai tambahan fitur.

Secara spesifikasi, Mazda CX-5 dibekali dengan mesin Skyactive G 2.500 cc empat silinder yang menghasilkan tenaga 188 Tk di 6.000 rpm dan torsi 252 Nm di 4.000 rpm.

Redaksi pun baru saja diberi kesempatan untuk mengetes CX-5 ini selama beberapa hari. Salah satu hal yang dilakukan adalah untuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar dari SUV dengan banderol Rp 607 jutaan ini.

Baca juga: Balutan Premium Interior Mazda CX-5 Kuro Edition

Konsumsi bahan bakar Mazda CX-5KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Konsumsi bahan bakar Mazda CX-5

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, terbagi jadi dua yakni dalam kota dan luar kota. Perhitungannya menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Untuk konsumsi bahan bakar di dalam kota, Mazda CX-5 mendapatkan angka 9,2 kilometer per liter (kpl). Hasil ini didapatkan dengan mobil melaju di daerah perkotaan sejauh 52,1 km.

Bisa dibilang, hasil konsumsi BBM tersebut cukup hemat. Salah satu hal yang membuat CX-5 hemat bahan bakar adalah fitur cylinder deactivation atau sistem yang menonaktifkan dua atau empat silinder saat mobil berjalan.

Baca juga: Trik Jahat Masukkan Garam ke Oli Mesin Sudah Ada sejak Dulu

Mazda CX-5 Kuro Edition 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mazda CX-5 Kuro Edition 2022

Jadi, ketika sedang berjalan dengan kecepatan yang konstan, mesin Mazda CX-5 cuma mengaktifkan dua silinder saja. Bahkan saat sedang mengangkat gas, keempat silinder mati, jadi mobil terasa menggelinding.

Keterangan aktif atau tidaknya sistem ini pun bisa dilihat lewat head unit. Selain itu, perpindahan mode aktif silinder ini juga tidak terasa, jadi rasanya normal saja dan ternyata bisa menghemat bahan bakar.

Selain adanya cylinder deactivation, Mazda CX-5 juga dilengkapi dengan sistem i-stop. Sistem ini merupakan idling start stop yang mematikan mesin saat mobil sedang berhenti sesaat.

Baca juga: Komparasi Mobil Baru Hyundai Palisade Facelift Versus Mazda CX-9

Konsumsi bahan bakar Mazda CX-5KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Konsumsi bahan bakar Mazda CX-5

Tentu saat mesin mati, BBM tidak dibakar, jadi lebih hemat. Namun efeknya, AC jadi tidak terlalu dingin. Tapi tenang saja, mesin otomatis menyala saat diam terlalu lama, jadi kabin tetap adem.

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar luar kota, Mazda CX-5 meraih angka 13,3 kpl. Angka ini didapatkan dengan mobil melaju di jalan tol dengan kondisi yang beragam sejau 100,4 km.

Secara kombinasi, Mazda CX-5 ini mendapatkan konsumsi bahan bakar sekitar 12 kpl. Tentu ini cukup hemat mengingat mesinnya yang cukup besar yakni 2.500 cc dan tenaganya yang responsif.

Baca juga: Skema Kredit Mazda 2 Sedan, Cicilan Mulai Rp 6 Jutaan per Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.