Kompas.com - 08/08/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin diesel banyak diminati masyarakat lantaran lebih bertenaga serta terkesan garang. Buktinya, mobil-mobil SUV banyak yang menggunakan mesin diesel seperti Nissan Navara, Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner.

Selain faktor performa, mesin-mesin diesel untuk mobil modern sudah memenuhi standar Euro 4, sehingga lebih ramah lingkungan.

Bahkan katanya, merawat mesin diesel lebih sederhana dan murah daripada mesin bensin. Hal itu membuat mesin diesel makin dicintai masyarakat. Bagaimana sih detail perawatan yang dimaksud?

Baca juga: Beda Perawatan Mesin Diesel Konvensional dan Common Rail

Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, merawat mesin diesel Euro 4 sangat mudah dan sederhana, hanya saja untuk mobil-mobil tua yang sudah menempuh jarak lebih dari 300.000 Km akan sedikit berbeda perawatannya.

“Secara umum perawatan mesin diesel Euro 4 memang sederhana, cuma ganti filter solar, ganti oli mesin, ganti filter oli di setiap kelipatan 10.000 Km, pada kelipatan 40.000 Km baru dilakukan penggantian filter udara dan fan belt,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (7/8/2022).

Dia mengatakan hanya saja untuk mobil-mobil diesel yang sudah tua, menempuh jarak lebih dari 300.000 Km biasanya perlu servis serta kalibrasi injektor dan common rail.

Baca juga: Efek Buruk Konsumsi Solar Murah bagi Mesin Diesel Common Rail

Suasana bengkel resmi Honda Kusuma Siliwangi Dicky Aditya Wijaya Suasana bengkel resmi Honda Kusuma Siliwangi

“Karena untuk injektor dan commonrailnya jarang dilakukan servis secara periodik, membutuhkan biaya yang cukup mahal, jadi bakal dilakukan bila muncul masalah saja, biasanya ya pada mobil-mobil diesel tua,” ucap Ibrohim.

Meski demikian, Ibrohim mengatakan jika servis mesin diesel secara keseluruhan dibandingkan dengan perawatan mesin bensin keseluruhan nilainya tidak jauh berbeda. Hanya saja perawatan jangka pendeknya, mesin diesel lebih sederhana dan murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.