Bukan Long Lap Penalty, Ini Alasan Quartararo Jeblok di GP Inggris

Kompas.com - 08/08/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo harus puas finis posisi kedelapan di GP Inggris, Minggu (7/8/2022). Meski demikian pebalap asal Perancis itu masih berada di puncak klasemen pebalap dengan total 180 poin.

Pada awal balapan Quartararo sempat berada di posisi kedua rombongan terdepan di belakang Johann Zarco, tapi juga terlihat susah payah untuk tetap berada di barisan depan. Selain mesti menyusul pebalap lain, dia menjalani long lap penalty yang membuat catatan waktunya lebih lama 2,5 detik sampai 3 detik.

Meski demikian, pebalap tim Yamaha itu bisa dibilang beruntung. Sebab, di sisi lain Aleix Espargaro balapan dalam kondisi cedera. Pebalap Aprilia Racing itu finis di belakang Quartararo atau posisi kesembilan.

Baca juga: Tidak Ada Pebalap Honda yang Masuk 10 Besar di MotoGP Inggris

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022RUDY CAREZZEVOLI Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022

Ada kesan Quartararo melakukan strategi cari aman saat balapan di GP Inggris. Dia tidak ngotot mesti tampil menekan sebab tahu Aleix tak bisa podium, yang penting dia mengamankan poin dan finis di depan pebalap asal Spanyol tersebut.

Usai balapan, Quartararo mengaku kecewa dengan hasil balap di GP Inggris. Dia mengatakan alasan tidak bisa tampil menekan bukan karena penalti atau cari aman melainkan ban belakangnya habis.

"Saya kecewa dengan hasil balap karena saya pikir long lap penalty itu berdampak besar, tapi ternyata tidak terlalu buruk. Hanya saja ban belakang sangat parah, dan balapan di belakang pebalap lain saya tidak bisa mengendarai motor dengan baik. Itu adalah mimpi buruk," kata dia mengutip GPOne, Senin (8/8/2022).

"Tidak masalah jika cuma satu motor (di depan), tapi jika ada banyak (pebalap) maka ban belakang jadi tambah panas dan kehilangan cengkeraman, kemudian performa menurun dan kemudian Anda belakang dengan cara yang berbeda. Kemudian menyalip adalah mimpi buruk," kata dia.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022Jesus Robledo Blanco Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022

Quartararo salah memilih ban belakang. Dia memilih kompon medium, sedangkan pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia yang keluar sebagai juara di seri ke-12 itu memakai ban belakang kompon keras.

"Kalau pakai (kompon) keras bakal lebih baik, tapi selalu lebih mudah mengatakannya setelah balapan. Kami tidak mencoba ban belakang keras, jadi kami membuat kesalahan tidak mencoba ban belakang keras," kata dia.

"Itu masalahnya. Kami tidak mencoba ban kompon keras, dan kondisi ini sangat penting untuk memakai ban jenis ini. Ban belakang overheated dengan cepat dan tanpa kami mengerti mengapa," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber GPone


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.