Benarkah Komponen AC Mobil Lawas Lebih Awet?

Kompas.com - 07/08/2022, 17:41 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Dunia mobil tua bangka (motuba) berbeda dengan dunia mobil modern. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal termasuk salah satunya adalah kualitas komponen. Komponen pada sistem AC salah satunya.

Hampir setiap kendala pada sistem AC pada motuba maka solusinya adalah perbaikan, bukan penggantian. Rupanya hal ini dipengaruhi oleh karakter komponen motuba itu sendiri.

Jika diamati, komponen AC pada motuba itu awet. Untuk mobil-mobil tahun 80-an, itu jarang sekali mobil pernah melakukan penggantian evaporator atau pun kondensor, paling hanya ganti drier.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Radiator Motuba Tidak Boleh Diisi Coolant?

Sedangkan mobil modern, evaporator atau kondensor mudah sekali bocor, kenapa hal kitu bisa terjadi?

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan komponen AC pada mobil-mobil tua itu berbeda tidak seperti komponen AC mobil modern.

“Dari bahannya saja sudah sangat berbeda, mobil tua memiliki komponen yang lebih kuat dan kokoh, hal itu juga yang membuat komponen AC motuba mudah diperbaiki tanpa perlu mengganti,” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Motuba Mazda 626 Capella GD

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

Dia mengatakan bisa saja jika dirawat, seumur hidup mobil tua tersebut tidak perlu melakukan penggantian evaporator atau kondensor, karena memang bahan komponennya kuat.

“Berbeda dengan komponen AC pada mobil modern, lebih rumit dan berbahan tipis seakan memang didesain untuk jangka waktu tertentu, itu susah diperbaiki bahkan tidak bisa,” ucap Andi.

Dia juga mengatakan sesusah-susahnya onderdil AC motuba masih bisa diganti dengan onderdil persamaan, bahkan bila harus menggunakan onderdil modern yang banyak di pasaran.

Baca juga: Kenali Tanda Evaporator AC Mobil Minta Diganti

Evaporator rusak harus digantiAgus Setiawan Evaporator rusak harus diganti

“Seperti kondensor, itu bisa diganti dengan kondensor modern yang lebih murah, dan biasanya mampu menghasilkan dingin yang lebih maksimal,” ucap Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.