Jajal Performa Daihatsu New Sirion Jelajahi Manado-Tomohon

Kompas.com - 25/06/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar test drive New Sirion di lokasi yang sedikit berbeda, yakni Sulawesi Utara. Tepatnya di Kota Manado dan Kota Tomohon.

Pada test drive kali ini, sedikit banyak bisa dirasakan performa dari New Sirion. Sebab, jalur yang dilalui selama pengetesan juga cukup beragam.

Baca juga: Fitur Terbaru yang Jadi Andalan Daihatsu New Sirion

Saat di Manado, lebih banyak jalur perkotaan yang dilalui dengan karakter jalan yang lurus dan cukup mulus. Sementara saat di Tomohon, lebih banyak melalui jalur perbukitan yang berkelok-kelok, tanjakan, turunan, dan permukaan jalan yang rusak.

Test drive Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Test drive Daihatsu New Sirion

Pada test drive ini, setiap mobil diisi oleh empat orang dewasa. Tentunya menambah beban yang cukup berat untuk hatchback ini.

Dari segi dapur pacu, New Sirion masih dibekali dengan mesin 1NR-VE, DOHC, Dual VVT-i, dengan kapasitas 1.329 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 93 tk pada 6.000 rpm dan torsinya 119,6 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga: Jelajah Manado-Tomohon Bersama Daihatsu New Sirion

Mesinnya masih sama, tapi transmisi yang disematkan berbeda, yakni Dual CVT (D-CVT). Perubahan transmisi memberikan dampak besar pada akselerasi dan performa New Sirion secara keseluruhan.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Kombinasi huruf dan angka pada tuas transmisi juga sedikit berbeda. Terdapat huruf S (Sport) yang dapat digunakan saat akan menyalip, sehingga akselerasinya lebih responsif. Lalu, ada B (Braking) yang berguna saat melewati turunan yang cukup curam, karena berfungsi sebagai engine brake.

Transmisi D-CVT ini terasa kurang responsif saat putaran bawah. Tapi, ketika kecepatannya sudah melewati 60 km/jam, maka baru terasa performanya lebih baik. Selain itu, napasnya juga terasa lebih panjang.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Saat melewati tanjakan, meski diisi dengan empat orang dewasa, tapi New Sirion masih kuat menanjak. Meskipun, memang membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggi.

Saat diajak bermanuver di daerah Tomohon, New Sirion juga cukup cekatan. Sesua dengan karakter mobil perkotaan yang lincah. Selain itu, radius putar setirnya juga cukup besar, sangat membantu saat mobil hendak memutar balik.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Daihatsu New Sirion dihadirkan dengan dua tipe, yakni X CVT dan R CVT. Untuk X CVT, dipasarkan dengan harga Rp 227,6 juta (OTR Jakarta). Sementara R CVT, dibanderol Rp 236,8 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.