Catat Titik Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Kota Tua

Kompas.com - 04/08/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung per Senin (1/8/2022) yang lalu, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

Uji coba terseut diberlakukan dalam rangka reaktivasi kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ) di Kota Tua.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Menjadi Permanen

Beberapa titik yang diberlakukan, yaitu Kawasan Rendah Emisi (LEZ), lalu lintas dari Pluit menuju Harmoni, Pluit menuju Priuk, Timur atau Utara menuju Asemka atau Harmoni, Utara Jalan Kali Besar Barat, dan Selatan mulai dari jalan Asemka.

Pada zona LEZ, dipasang rambu-rambu larangan melintas untuk kendaraan pribadi yaitu sepeda motor dan mobil barang, kecuali bus Transjakarta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik Lagi, Shell, BP dan Vivo Turun Harga

Uji coba rekayasa lalu lintas ini juga diberlakukan pada bus Transjakarta, Koridor 1 dan Koridor 12. Koridor 1 beroperasi dengan jurusan Halte Blok M sampai Halte Stasiun Kota, sementara Koridor 12 beroperasi dari Halte Pluit sampai Halte Tanjung Priok.

Selama uji coba tersebut berlangsung, akan ada petugas Dishub yang memberikan pengaturan serta flyer berisi informasi rekayasa lalu lintas di area tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho dalam seminar daring penataan Jakarta setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah di Jakarta, Jumat (4/2/2022) menjelaskan bahwa nantinya akan ada plaza pedestrian di kawasan Kota Tua.

Kendaran kecuali yang berbasis listrik tidak akan diperbolehkan masuk, untuk mendukung zona emisi nol persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.