Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Fuel Cell Hyundai Siap Mengaspal di Jerman

Kompas.com - 03/08/2022, 19:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company mengumumkan akan mengekspor truk XCIENT Fuel Cell ke Jerman dalam waktu dekat. Terdapat tujuh perusahaan yang akan mengoperasikan truk bebas emisi tersebut di sana.

Total, ada 27 XCIENT Heavy-duty Truck yang akan digunakan. Hadirnya truk bebas emisi ini juga didukung dari dana Pemerintah Jerman terkait kendaraan niaga bebas emisi (BMDV).

Mark Freymueller, Senior Vice President & Head of Commercial Vehicle Business Innovation of Hyundai Motor Company mengatakan, dipakainya XCIENT di Jerman akan memperbesar jangkauan pasar di Eropa.

Baca juga: Spesifikasi Motor Fuel Cell Pengembangan BRIN

Truk Hyundai XCIENT Hyundai Motor Company Truk Hyundai XCIENT

"Kami senang secara resmi memasuki pasar kendaraan niaga di Jerman. Hyundai Motor akan memanfaatkan peluang ini untuk memperluas bisnis ke pasar Eropa," ucapnya dikutip dari laman Hyundai Motor Company, Rabu (3/8/2022).

Diluncurkan sejak 2020, sebanyak 47 unit XCIENT sudah digunakan di Swiss. Secara total, truk listrik bertenaga hidrogen tersebut sudah berjalan lebih dari empat juta kilometer per Juli 2022.

Untuk spesifikasinya, XCIENT dibekali dengan 180 kW sistem fuel cell yang disambung ke motor listrik bertenaga 350 kW atau 469,3 TK dan torsi maksimum 2.237 Nm.

Baca juga: Toyota Vios Berhenti Produksi, Simak Harga Bekasnya


Selain itu, pada bagian belakang kepala truk ada tujuh tangki hidrogen yang bisa memuat sampai 31 kg hidrogen. lalu, ada juga tiga baterai 72 kWhyang menjadi sumber energi alternatif.

Sekali cas, XCIENT bisa melaju sampai 400 km. Sedangkan untuk mengisi tangki dengan hidrogen, bisa memakan waktu antara 8 menit sampai 20 menit, tergantung kondisi suhu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com