Desain Bus Medium Banyak Mirip dengan Big Bus

Kompas.com - 01/08/2022, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Model bus yang ada di Indonesia sangat beragam. Tidak cuma bus besar, bus berukuran medium pun ada, biasanya untuk mengisi jalur-jalur yang cukup sempit.

Bus medium biasanya punya dimensi panjang sekitar 10 meter dan lebar 2,1 meter. Berbeda dengan bus besar yang minimum panjangnya sekitar 12 meter dengan lebar 2,5 meter.

Selain dimensinya yang berbeda, kadang model dari bus medium dengan bus besar ada kemiripan. Misalnya seperti produk Karoseri Laksana yakni Tourista (medium) dan Legacy (big) punya desain yang serupa.

Baca juga: Bayern Munchen Pakai Bus Listrik MAN sebagai Armada Resmi

Bus baru PO Bagong pakai bodi Tourista S Double GlassDOK. LAKSANABUS Bus baru PO Bagong pakai bodi Tourista S Double Glass

Lalu apa alasan bus medium dan besar punya tampilan yang mirip-mirip?

Manager Design Karoseri Laksana Kusririn mengatakan, ada alasan kenapa bus medium dan besar modelnya mirip, salah satunya karena efisiensi.

"Alasannya adalah supaya parts tidak terlalu banyak. Headlamp tidak banyak macam," ucap Kusririn kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Dorong Minat Bayar Pajak Kendaraan, Polisi Mau Bebaskan BBN-KB


Bisa dilihat untuk lampu depan dan belakang dari Tourista itu sama dengan model Legacy. Bedanya ada di bagian grille sampai ke selendang yang dibuat tidak sama.

"Beberapa part bus besar yang bisa dipasangkan di bus medium. Secara garis desain tetap mengadopsi model big bus sehingga karakter dari bus besar terserbut tidak hilang," kata Kusririn.

Selain itu, kemiripan antara produk satu dan lainnya memberi ciri khas karoseri. Jadi bahasa desain bus medium dengan yang besar sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.