Kompas.com - 01/08/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comKementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan puluhan unit Bus Rapid Transit (BRT) berbasis listrik untuk mendukung transportasi yang digunakan para delegasi kepresidenan KTT G20 di Bali.

Seperti diketahui, selama puncak penyelenggaraan G20, November mendatang, para delegasi akan menggunakan kendaraan listrik murni sebagai kendaraan operasional, sebagai salah satu wujud komitmen Indonesia dalam menyambut era elektrifikasi.

“Sekarang ini kami sedang berproses untuk kepentingan G20, kami sedang men-develop kerja sama dengan INKA, sekitar 30 unit bus rapid transit (BRT),” ujar Budi Setiyadi, Staf Utama Menteri Perhubungan Bidang Transportasi Darat dan Konektivitas, dalam Closing Ceremony PEVS di Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Soal LCGC Konsumsi Pertalite, Begini Kata Daihatsu

Bus Listrik Merah Putih INKAKemenhub Bus Listrik Merah Putih INKA

“Berikutnya akan digunakan untuk BTS (Buy The Service), yang ada di angkutan massal perkotaan. Di Surabaya dan Bandung sekitar 53 kendaraan,” kata dia.

Mengenai pengadaan kendaraan listrik sebagai transportasi massal, Budi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ribuan bus berbasis baterai untuk angkutan di beberapa kota.

Terlebih Kementerian Perhubungan baru saja mendapatkan bantuan dana dengan jumlah cukup besar, sekitar Rp 3,2 triliun untuk membangun bus BTS (Buy The Service), khususnya Kota Bandung dan Medan.

Baca juga: Boleh atau Tidak Isi Minyak Rem Beda Warna?

“Dari sekitar 1.000 unit lebih untuk kendaraan bus nanti, sudah kami proyeksikan sebagian di antaranya adalah bus listrik,” ucap Budi.

“Tapi Menteri Perhubungan menyarankan, karena untuk kapasitas besar, bus listriknya yang ukuran sedang. Panjang sekitar 8 meter. Dan ini coba kami eksekusi tahun depan. Saya kira bantuan-bantuan ini akan cepat kami implementasikan untuk angkutan massal perkotaan,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.