Lebih dari 50 Persen Loyalis Honda Beli Mobil Tanpa Test Drive

Kompas.com - 01/08/2022, 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi dan informasi lambat laun mengubah proses bisnis di Indonesia, tak terkecuali pada transaksi kendaraan bermotor. Pasalnya, saat ini masyarakat bisa mendapatkan berbagai hal tanpa harus kontak langsung.

Keadaan tersebut pun dirasakan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Honda di pasar Tanah Air. Bahkan perseroan mengklaim sudah banyak konsumennya yang beli mobil secara online.

"Sekarang banyak konsumen Honda yang tidak membutuhkan interaksi secara offline untuk mendapatkan informasi mengenai kendaraan. Semuanya itu mulai berjalan secara digital, jadi orang masuk ke showroom sudah pintar-pintar," kata Yulian Karfili, PR & Digital Manager HPM di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Data STNK Dihapus, Bakal Banyak Kendaraan Bodong

Test Drive honda CR-V di Situ Patenggang Test Drive honda CR-V di Situ Patenggang

"Untuk pembelian secara online, sekarang sudah mulai banyak. Kalau berbicara repeat buyer, bisa di atas 50 persen," lanjut dia.

Artinya, konsumen tersebut sepenuhnya tak datang atau menemui diler langsung saat proses pembelian kendaraan bermotor. Bahkan, termasuk uji kendaraan atau biasa dikenal test drive.

Hanya saja untuk pembeli pertama mobil Honda atau first time buyer, prilaku terkait masih sedikit.

Sebab konsumen di golongan ini masih membutuhkan informasi lebih lanjut atas kendaraan yang hendak digarasikan itu dengan cara melihat langsung maupun test drive.

"Kalau orang yang sudah tahu Honda, mencari mobil tambahan, mereka itu lebih yakin untuk melakukan transaksi sepenuhnya secara online. Tapi first time buyer biasanya mereka eager untuk test drive dulu, jadi belum bisa semuanya online," ucap Karfili.

Baca juga: Penjelasan Polisi soal STNK Mati 2 Tahun Kendaraan jadi Bodong

Cara Diler Honda Kenalkan All New BR-V ke KonsumenHonda Jakarta Center Cara Diler Honda Kenalkan All New BR-V ke Konsumen

"Hal tersebut berlaku untuk pembelian mobil yang sama maupun beda model ya (upgrade mobil). Kalau untuk mobil yang benar-benar baru, tentu mereka ingin melihat langsung dahulu," lanjutnya.

Dalaam kesempatan terpisah, Honda menjadi satu-satunya merek otomotif roda empat yang menampilkan showroom virtual di pameran Metaverse dari Telkom Indonesia, Metanesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.