Selain Praktik, Apa Saja yang Harus Dipelajari Saat Belajar Mengemudi

Kompas.com - 01/08/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain belajar mengemudi mobil, ada pelajaran teori yang perlu diketahui oleh pengemudi sebelum mengemudikan kendaraannya sendiri.

Biasanya, disepelekan karena tingkat kemahiran seseorang hanya dinilai dari kemampuan mengoperasikan mobil.

Padahal, minimnya pemahaman terhadap teori seperti aturan lalu lintas dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Pemahaman operasional mobil dan teori aturan berlalu lintas harusnya berjalan seiringan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan bahwa pembelajaran teori di tempat belajar mengemudi merupakan hal yang wajib.

Baca juga: Jangan Abai, Ini Cara Aman Berkendara di Jalan Tol

"Pasti, wajib (belajar teori di tempat mengemudi RDC)," ucap Marcell kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Umumnya, lembaga tempat latihan mobil yang tersertifikasi memiliki kurikulumnya tersendiri yang terstruktur, sehingga pengemudi nantinya bisa menjadi pengemudi yang kompeten dalam berkendara.

Sebagai contoh, Marcell memaparkan contoh pengajaran teori di tempat latihan mobil untuk pemula. 

Di antaranya adalah penerapan aturan lalu lintas, cara melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berkendara, mengenal instrumen kontrol kendaraan, hingga manajemen risiko mengemudi.

Rambu lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Rambu lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto.

Baca juga: Harga Pertamina Dex Makin Mahal, Konsumen Hyundai Palisade Cuek

Dengan mempelajari teori sebelum berlalu lintas, seseorang bisa meminimalisir potensi kecelakaan dan kemungkinan melanggar peraturan lalu lintas. Ini juga dapat mempermudah seseorang untuk mengajukan permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Jika terus disepelekan, akan terus ada pengemudi yang tidak taat aturan atau bahkan tidak mengenal dengan baik aturan lalu lintas seperti rambu-rambu dan marka jalan.

"Edukasi mengemudi di awal sebelum memohon SIM di Indonesia sangat minim. Sehingga di jalan, banyak uneducated driver," ucap Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.