Kompas.com - 01/08/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, hingga Juli 2022, jumlah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia sudah mencapai puluhan ribu unit.

Hal ini diungkap oleh Budi Setiyadi, Staf Utama Menteri Perhubungan Bidang Transportasi Darat dan Konektivitas, dalam Closing Ceremony PEVS di Jakarta, akhir pekan lalu.

“Sampai dengan sekarang, untuk jumlah kendaraan listrik baik sepeda motor maupun roda empat yang sudah kami keluarkan SRUT (Sertifikat Registrasi Uji Tipe)-nya oleh Kementerian Perhubungan itu sekitar 22.671 unit,” ujar Budi, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Mitsubishi Belum Minat Jual Minicab MiEV di Indonesia

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

Berdasarkan catatan Kemenhub, mayoritas kendaraan listrik yang sudah mendapatkan SRUT merupakan sepeda motor sebanyak 19.698 unit.

Disusul mobil listrik sebanyak 2.654 unit dan kendaraan roda 3 sekitar 270 unit. Sementara untuk bus listrik 43 unit, serta mobil barang 6 unit.

“Untuk mengelaborasi Perpres 55, seperti kita ketahui Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan untuk uji tipe kendaraan,” ucap Budi.

“Di mana uji tipe yang sekarang kita lakukan, sesuai dengan amanat Perpres 55, PNBP-nya kita turunkan. Supaya percepatan, bisa segera produksi,” lanjut dia.

Baca juga: Tak Dapat Izin, Taksi Terbang EHang 216 Hanya Angkut Boneka

Berikut ini jumlah kendaraan listrik sampai dengan 29 Juli 2022:

- Mobil barang: 6 unit
- Mobil bus: 43 unit
- Sepeda motor: 19.698 unit
- Roda 3: 270 unit
- Mobil penumpang 4 roda: 2.654 unit

Total: 22.671 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.