Ini Aturan Warna Lampu pada Kendaraan, Jangan Asal Ubah

Kompas.com - 01/08/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengguna kendaraan bermotor memodifikasi lampu belakang dengan warna yang tidak sesuai aturan atau peruntukannya. Padahal, warna-warna tersebut memiliki maknanya masing-masing.

Mengubah warna lampu kendaraan bisa menjadi sumber miskomunikasi dan berpotensi menyebabkan kecelakaan saat berkendara.

Modifikasi seringkali dilakukan oleh orang yang tidak paham aturan warna lampu kendaraan atau kurangnya pengetahuan tentang bahaya sembarangan modifikasi lampu.

Baca juga: Klakson atau Lampu, Mana yang Paling Akurat untuk Komunikasi di Jalan?

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, bahaya yang mengintai jika mengganti warna lampu kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Bila diubah-ubah warna standarnya, maka akan menyebabkan miskomunikasi dengan pengguna jalan lain. Bisa membahayakan pengemudi lain dan diri kita sendiri," ucap Marcell kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Misalnya, mengubah warna lampu berhenti menjadi putih. Ini dapat menyebabkan salah kaprah, bahwa si pengemudi yang menggunakan lampu tersebut sedang akan berjalan mundur, bukan berhenti.

Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1Otomania/Setyo Adi Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1

Baca juga: Harga Pertamina Dex Makin Mahal, Konsumen Hyundai Palisade Cuek

Selain itu, penggunaan lampu ini juga dapat menyilaukan pengemudi lain yang berada di belakangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani. Ia menjelaskan, pada kendaraan lampu menjadi alat bantu untuk berkomunikasi dengan kendaraan lainnya.

"Jika lampu-lampu tersebut dimodifikasi tidak sesuai dengan warna aslinya, maka komunikasi kita dengan pengendara lain menjadi tidak tersampaikan dengan baik," ucap Agus.

Ini kemudian menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Agus menjelaskan bahwa warna lampu di semua negara memiliki arti yang sama, sehingga sebaiknya tidak diubah-ubah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.