Klakson atau Lampu, Mana yang Paling Akurat untuk Komunikasi di Jalan?

Kompas.com - 26/07/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Komunikasi antar sesama pengendara sangat dibutuhkan saat di  jalan raya. Komunikasi wajib dilakukan supaya tidak terjadi salah paham yang menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Pada kendaraan, alat komunikasi yang digunakan bisa berupa kode suara dari klakson dan lampu, seperti sein, high beam (lampu jauh) sebagai kode visual, atau foglamp alias lampu kabut. Pada mobil modern mulai dilengkapi dengan DRL, lampu LED yang menyala sepanjang mesin hidup.

Lalu cara mana yang lebih akurat digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna jalan?

Baca juga: GR Yaris AP4 Sukses Bawa Tim TGRI Menjuarai Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di Malang

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, berkomunikasi di jalan raya tergantung dari apa kepentingannya, kapan waktunya, dan dengan siapa ditujukannya.

“Kalau malam hari lebih efektif menggunakan lampu. Sedangkan kalau siang hari, gunakan lampu atau klakson tergantung dari kepentingannya,” kata Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Lampu sein mobil- Lampu sein mobil

Sony juga menyebutkan, klakson bisa digunakan pada kendaraan besar yang belum tentu melihat kode komunikasi dengan lampu jauh.

Klakson juga bisa digunakan saat berada dalam area blind spot kendaraan lain. Tujuannya untuk memberikan tanda bahwa pengemudi yang membunyikan klakson sedang berada di sekitar kendaraan tersebut meski tidak terlihat.


Melengkapi hal tersebut, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa perbedaan penggunaan klakson dan lampu jauh berdasarkan kegunaannya.

Baca juga: Grab dan PLN Tambah 6 SPBKLU di Pulau Jawa dan Bali

"Kalau klakson itu ditujukan untuk pengemudi yang tidak ada kontak mata dengan kita, sedangkan high beam (lampu) ditujukan kepada pengemudi yang ada kontak mata dengan kita," kata Marcell.

Namun harap diingat, penggunaan klakson maupun high beam tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pasalnya, justru akan mengganggu konsentrasi pengguna jalan lain. Alih-alih berkomunikasi malah jadinya mengusik ketenangan berkendara.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.