Amankah Mencuci Ruang Mesin Mobil dengan Air Bertekanan?

Kompas.com - 30/07/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil di tempat steam kadang menjadi solusi ketika malas melakukannya sendiri. Kadang, petugas cuci menawarkan apakah ruang mesin mau sekalian dicuci atau tidak.

Cara yang kerap dilakukan adalah mesin disiram langsung dengan air. Hal ini dilakukan agar proses pencucian lebih cepat dan nantinya tinggal dikeringkan saja.

Tapi, apakah mencuci ruang mesin dengan cara langsung disiram dengan air bertekanan aman dilakukan?

Baca juga: Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

cuci mobil (kompas.com/janlika)janlika cuci mobil (kompas.com/janlika)

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, sebenarnya aman saja untuk dicuci dengan air bertekanan, tapi ada syaratnya.

"Asalkan komponen kelistrikan ditutup dengan plastik untuk menghindari kerusakan," ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Mengingat ruang mesin diisi dengan berbagai komponen, misalnya seperti alternator yang termasuk dalam bagian kelistrikan. Jika sering terkena air, khawatir alternator jadi lebih cepat rusak.

Baca juga: Ini Varian Hyundai Palisade yang Jadi Favorit Konsumen


"Misalnya kalau altenator, sensor-sensor, atau konektor kena air, lama-lama karat dan berpotensi tidak bisa sebagai konduktor," kata Didi.

Selain itu, ketika menyiram ruang mesin dengan air bisa muncul pontesi korsleting. Mengingat bisa saja ada kabel yang terkelupas namun tidak terlihat oleh mata, ini yang bisa berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.