Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

Kompas.com - 29/07/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan mesin diesel masih banyak digemari oleh masyarakat. Pasalnya mesin diesel memiliki beberapa kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Mulai torsi yang dikeluarkan, mobil dengan mesin diesel memiliki torsi yang lebih besar daripada mesin bensin. Hal ini berkaitan erat dengan langkah piston pada mesin yang lebih panjang, sehingga torsi yang dihasilkan pun semakin besar.

Mesin diesel juga memiliki kompresi yang lebih tinggi dibandingkan mobil mesin bensin sehingga tetap bertenaga meski melaju di putaran rendah. Pantas saja jika mesin diesel masih digemari oleh banyak orang.

Baca juga: Beda Perawatan Mesin Diesel Konvensional dan Common Rail

Mobil bermesin diesel menerjang air- Mobil bermesin diesel menerjang air

Hanya saja, perawatan mobil bermesin diesel berbeda dengan mesin bensin. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama saat memilih oli, terlebih lagi mesin diesel memang menghasilkan panas yang lebih tinggi.

Sehingga perlu benar-benar diperhatikan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan. Selain itu juga perlu melakukan penggantian oli mesin secara teratur agar mesin tetap sehat dan prima.

Mesin diesel sendiri biasanya sudah dilengkapi dengan turbocharger, dimana ada pemanfaatan gas buang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Nah, komponen ini tentu saja membutuhkan pendinginan ekstra, maka dari itu dibutuhkan oli yang memiliki spesifikasi tinggi yang tahan terhadap panas.

Baca juga: Ini Risiko Mobil Diesel yang Paksa Gunakan Filter Solar Kotor

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

Untuk hal ini, sebaiknya menggunakan oli sintetis karena mesin modern cocok dengan oli yang bermaterial lebih tahan panas. Selain itu, oli sintetis juga lebih unggul lama melindungi mesin.

Technical Specialist PT.Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana mengatakan salah satu oli yang cocok untuk mesin diesel Fastron Diesel 15W-40 ini memiliki spesifikasi API CI-4 sehingga cocok untuk mesin commonrail.

Oli Fastron Diesel ini punya kelebihan yaitu memberikan perlindungan maksimum dengan teknologi NanoGuard sehingga bisa melindungi mesin lebih lama. Cocok untuk mesin diesel modern yakni yang sudah mengadopsi sistem common rail injection, atau terdapat exhaust gas recirculation (EGR) atau juga yang menggunakan turbocharger,” ujar Brahma.

Baca juga: Kondisi Mesin Bensin Ketika Pakai Oli Diesel

Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Dia mengatakan pelumas Fastron Diesel ini juga memiliki fungsi sebagai penetralisir asam hasil pembakaran yang dinotasikan dengan angka total base number (TBN). Untuk oli mesin diesel umumnya memiliki angka TBN >10 mgKOH/g.

Asam ini berasal dari pembakaran sulphur yang terkandung dalam bahan bakar dan bersifat korosif, sebab itu oli harus diganti secara rutin karena lama kelamaan angka TBN ini akan turun seiring pemakaian.

Selain itu, fungsi oli juga bisa mereduksi getaran serta mengurangi suara berisik pada mesin. Dengan memilih oli yang tepat maka kedua masalah yang menjadi ciri mesin diesel tersebut dapat berkurang.

“Dengan daya lumas maksimal, meminimalkan gesekan di ruang mesin. Efeknya, performa mesin terus terjaga,” ucap Brahma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.