Kompas.com - 30/07/2022, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko memastikan kendaraan listrik akan digunakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seiring dengan tekad untuk menjadikan kawasan terkait sebagai smart city.

Apalagi, kendaraan listrik dapat menjadi embrio sebagai autonomous car alias mobil tanpa awak dan bisa mengendalikan dirinya sendiri. Pengoperasian pada kendaraan jenis ini berdasarkan radar guna meminimalisir kecelakaan di jalan.

"Iya itu (kendaraan listrik) akan menjadi salah satu embrio untuk mobil drive less, mobil yang autonomous ke depan. Itu salah satu yang kita persiapkan ke depan," ujar Moeldoko, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: DAMRI Sediakan Angkutan untuk Dukung Asean Para Games 2022

Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

"Pastinya nanti akan ada di IKN, karena ini adalah produk kami yang pertama (Metropod) dan kita sudah antisipasi kesana untuk kebutuhan di sana," lanjut dia.

Adapun Metropod, merupakan kendaraan feeder untuk mengantarkan warga dari satu titik ke titik lain, dengan jarak 2-3 kilometer. Sehingga masyarakat menjadi tertarik dalam menggunakan transportasi umum.

Ke depan, Metropod ini juga akan dibenamkan teknologi otonom apabila regulasi untuk kendaraan jenis tersebut sudah dirumuskan pemerintah.

"Sekarang ini disiapkan sebagai feeder ya jadi kalau orang turun dari bus atau stasiun dan mau ke perumahan dengan mobil metropod itu bisa mengantarkan sampe ke depan rumah. Muatannya sampai 9 orang," kata Moeldoko.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil saat Baterai Remote Habis

Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.

Lebih jauh, Moeldoko menyebut pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang diselenggarakan di JiExpo Kemayoran ini bisa menjadi pemicu dan pemacu bagi masyarakat luas, termasuk industri.

"Kemudian, menjadi pemicu bagi pengguna kendaraan mobil listrik dengan melihat seperti ini jadi berpikir, oh ternyata mobil listrik tak seribet seperti yang kita pikirkan," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.