Jangan Memaksa Mobil Jalan dengan Kondisi Ban Botak

Kompas.com - 30/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting pada mobil yang menyangkut keselamatan. Mengingat, hanya ban yang menempel dengan aspal saat mobil berjalan, jadi kondisinya wajib untuk diperhatikan.

Ban yang masih baru, biasanya punya alur yang masih tebal. Namun seiring digunakan, kembangan yang ada di telapak ban tadi pasti terus terkikis dan akhirnya botak.

Saat kondisi hujan, ban yang sudah botak sangat berbahaya jika digunakan. Hal ini disebabkan alur yang mengalirkan air keluar sudah tidak ada, jadi ban lebih mudah tergelincir.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Isi Nitrogen Bikin Ban Susah Kempis?

Ban mobil GetasKompas.com/Fathan Radityasani Ban mobil Getas

Lalu bagaimana jika ban yang sudah botak tetap digunakan untuk berkendara di jalanan yang kering?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, ban botak saat digunakan di jalanan yang kering tetap tidak aman.

"Enggak aman juga, karena grip ban sudah turun jauh," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Risiko jika Mitsubishi New Colt L300 Konsumsi Solar Kualitas Rendah


Alur ban saat masih tinggi punya andil dalam hal handling sampai ke pengereman. Kalau sudah botak, performanya akan menurun, sehingga bisa lebih berbahaya.

"Jangan bayangkan atau bandingkan dengan ban Formula 1. Ban F1 gundul tapi compound-nya yang hyper grip," ucap Zulpata.

Namun jika terpaksa tetap memakai ban yang botak di jalanan kering, usahakan tidak terlalu ngebut. Mengingat ban yang botak performa pengeremannya sudah menurun, bisa tabrak depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.