Risiko jika Mitsubishi New Colt L300 Konsumsi Solar Kualitas Rendah

Kompas.com - 29/07/2022, 11:12 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Mitsubishi New Colt L300 mengalami ubahan total, termasuk sektor jantung pacu. Kini, pikap tersebut dibekali mesin 4N14 dengan standar emisi Euro 4.

Berkat jantung pacu itu, Colt L300 generasi terbaru ini menjadi lebih bertenaga dan torsinya naik. Berdasarkan data yang dirilis Mitsubishi, yaitu naik menjadi 97,8 TK di 3.500 RPM dan torsi 200 Nm di 1.000 RPM - 3.500 RPM.

Tentunya, untuk mendapatkan standar emisi yang baik, disarankan pengguna L300 memakai bahan bakar solar sesuai spesifikasi Euro 4. Contohnya seperti solar dengan Cetane Number 51 dan kadar sulfir di bawah 50 ppm.

Baca juga: Pemerintah Dapat Rp 37 Triliun buat Investasi Kendaraan Listrik dari Toyota dan Mitsubishi

Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, mesin Colt diesel ini sudah diperbarui dengan standar emisi Euro 4, sehingga menjadi ramah lingkungan.

Mitsubishi New Colt L300 di Pekanbarudok.MMKSI Mitsubishi New Colt L300 di Pekanbaru

"Jadi kalau tidak diisi dengan bahan bakar Euro 4 tentunya performanya juga menjadi tidak optimal. Secara resmi dari atpm kami harus menjelaskan seperti itu. Kami anjurkan konsumen jika memungkinkan harus gunakan bahan bakar euro 4," tutur Tsuchida di Pekanbaru, Kamis (28/7/2022) malam.

Namun, lanjut pria asal Jepang itu terkadang praktiknya di lapangan konsumen tidak ada pilihan ketika hendak mengisi bahan bakar, maka terpaksa menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi mesin.

"Memang tidak kotor, cuma ada kandungan-kandungan yang harus disaring, apakah mesin dan kendaraan akan mogok, tentu tidak," ujar Tsuchida.

Dampak buruk apabila sering menggunakan solar kualitas rendah, yaitu akan mengalami masalah pada salah satu komponen, sehingga membutuhkan perawatan ekstra yang tentunya akan menelan biaya yang cukup besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.