Kompas.com - 30/07/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia, PT PLN tengah berusaha untuk membangun ekosistemnya dengan cepat melalui fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Dikatakan Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril, pengadaan fasilitas tersebut mulai akan digencarkan kembali dengan fokusan di jalur tol di seluruh provinsi Indonesia.

Hanya saja, langkah itu akan dilakukan setelah helatan Presidensi atau KTT G20 Indonesia. Sebab diakui masih cukup banyak kebutuhan SPKLU guna menunjang gelaran internasional terkait.

Baca juga: Tahun Ini, PLN Siap Perluas SPKLU di Sepanjang Tol Trans-Sumatera

Rencana titik SPKLU dari PLNdok.PLN Rencana titik SPKLU dari PLN

"Setelah G20, kita akan bawa ke jalan tol dulu yang utama, sementara yang sudah ada akan kita tambah lagi, misalnya di daerah menuju Banyuwangi," kata dia, Jumat (29/7/2022).

"Banyuwangi kan tolnya sampai ke Pasuruan, kita bisa pasang di beberapa tempat sehingga orang yang mau ke Bali bisa mengisi daya lewat situ," lanjut Bob.

Lebih jauh, ia juga mengatakan bahwa jalan tol yang akan difasilitasi SPKLU itu tidak hanya di wilayah Jawa saja. Akan tetapi pada tahap berikutnya akan juga dibangun di ruas tol Sumatera.

Baca juga: Siap Tambah Ratusan Unit, PLN Tawarkan Franchise SPKLU

"Berikutnya kita ke jalan tol Sumatera. Kita sudah pasang di Lampung dan akan diperbanyak lagi. Nanti kan ada yang ke arah Jambi, itu akan kita pasang juga," ucap Bob.

Terlepas dari itu, Bob melaporkan bahwa PT PLN saat ini berencana untuk membangun 100 unit SPKLU tambahan pada 2022. Nantinya SPKLU tambahan tersebut bakal disebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.