Capaian Ekspor Motor Juni 2022 Meningkat 41 Persen

Kompas.com - 26/07/2022, 20:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Angka pengiriman sepeda motor keluar negeri mengalami peningkatan pada Juni 2022 sebesar 71.618 unit. Capaian ini naik 41,28 persen secara month to month (mom) dibandingkan Mei sebelumnya yang meraih 50.693 unit.

Disitat dari data penjualan AISI, penjualan ekspor pada bulan lalu bahkan jadi yang paling besar pada sepanjang Januari-Juni 2022.

Tercatat, total volume ekspor sepeda motor dari Indonesia mencapai 346.547 unit pada periode tersebut.

Namun angka ini mengalami penurunan sekitar 13,8 persen, dibandingkan Januari-Juni 2021 yang meraih 402.123 unit

Baca juga: Sepeda Listrik Tak Boleh di Jalan Raya, Davigo Pasrah

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

Penurunan angka ekspor motor pada semester I/2022 disinyalir akibat dari kelangkaan cip semikonduktor, yang berdampak pada seluruh segmen, mulai model entry level, menengah, sampai kelas atas.

Johannes Loman, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), mengatakan, masalah semikonduktor itu terjadi secara global, dan terdampak pada seluruh industri otomotif.

“Jadi istilahnya secara global sudah problem, ditambah lagi yang lalu di Shanghai terjadi lockdown. Itu pun kami sebagian dari sana. Dan ditambah lagi perang, antara Rusia dan Ukraina,” ujar Loman di Cikarang, Jawa Barat (1/7/2022).

Baca juga: Fenomena Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia

Loman yang juga menjabat Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor, melanjutkan, krisis ini juga menimpa perseroan. Upaya perbaikan coba dilakukan bekerjasama dengan prinsipal untuk mengatasi masalah ini.

Sementara itu, bila melihat perolehannya, skutik masih mendominasi ekspor motor sebesar 70,95 persen atau turun sedikit dari Mei 2022 yang mendapat 71,36 persen.

Sedangkan segmen sport kini mengambil porsi 17,06 persen dari sebelumnya 16,92 persen, dan sisanya jenis underbone atau bebek sebesar 11,99 persen dari sebelumnya 11,72 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.