Kompas.com - 26/07/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diselenggarakan pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, merupakan salah satu ajang pameran terbesar kendaraan listrik di Indonesia.

Lewat pameran ini, berbagai produk kendaraan listrik unggulan meluncur. Meski kebanyakan masih berasal dari China, lalu di-rebranding menjadi merek lokal.

Fenomena ini begitu terasa dari berbagai motor listrik yang sporadis meluncur di Indonesia, umumnya punya kesamaan, mulai desain, teknologi, atau asal pabrik yang serupa.

Baca juga: Alasan Polisi Hapus Data STNK jika Menunggak Pajak Kendaraan 2 Tahun

Davigo Forza di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Davigo Forza di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Semisal merek Davigo yang mengenalkan motor listrik bergaya klasik, Davigo Forza. Sementara itu, Mobil Anak Bangsa (MAB) turut meluncurkan sub brand motor listrik bernama Electro, dengan modelnya Electro EL02.

Menariknya, desain antara Davigo Forza dan Electro EL02 terlihat identik. Keduanya memiliki desain retro klasik yang mirip Vespa Primavera dengan dimensi lebih mungil.

Ketika ditanya mengenai kemiripan ini, Glora Slucky salah satu pendiri dan Kepala Pemasaran PT Davigo Artha Luas mengatakan, meski mirip tapi keduanya berbeda, yang mana perbedaannya yaitu di vendor asal.

Baca juga: Simulasi Kredit Hyundai Stargazer, Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

"Semua motor China hampir sama bentuknya. Tapi brand-nya di sana itu apa, sumbernya apa itu beda-beda. Ada yang industri rumahan," ujar Lucky di ajang PEVS 2022 (24/7/2022).

Davigo merupakan merek alih ulang dari jenama asal China yaitu Luyuan. Luyuan diklaim sebagai salah satu merek motor listrik yang kompetitif karena punya dinamo alias motor listrik yang tahan panas.

"Kalau Luyuan terkenal, sertifikasi internasionalnya sudah terkenal. Beda. Banyak di showroom-showroom, sepintas sama tapi kalau diperhatikan lain, oh besaran sana, ada bedanya sedikit, tetap ada bedanya," kata Lucky.

Untuk diketahui identitas Luyuan memang tidak dihilangkan 100 persen oleh Davigo. Hal itu dapat dilihat dari embos merek asal China tersebut di tabung suspensi depan.

Baca juga: Jurus Toyota Halau Stargazer, Diskon Belasan Juta buat Avanza-Veloz

Foto sebelah kiri Davigo Forza sedangkan yang kanan Electro EL02.KOMPAS.com/Gilang Foto sebelah kiri Davigo Forza sedangkan yang kanan Electro EL02.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.