Kompas.com - 24/07/2022, 18:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Vespa hingga saat ini masih menjadi kendaraan roda dua yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Tren kendaraan listrik kini juga membuat penggiat otomotif menyulap Vespa menjadi motor listrik.

Konversi Vespa klasik menjadi motor listrik bisa jadi alternatif untuk menjadikan kendaraan roda dua asal Itali ini lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Deretan Mobil Listrik yang Bisa Dicoba di PEVS 2022

COO Elders Garage Steve mengatakan jika usai melakukan konversi, Vespa akan menjadi motor listrik yang tidak mengeluarkan asap yang tebal dan suara mesin yang kencang.

Tidak hanya itu saja, konversi juga akan membuat pemilik Vespa lebih irit untuk pengeluaran bahan bakar.

“Vespa itu dua tak, boros iya, bikin polusi iya, berisik iya. Usai di konversi, sekali ngecas dia cuma 1,8 kwh saja. Kalau dirupiahkan itu cuma Rp 2.500 an,” kata Steve beberapa waktu lalu Kepada Kompas.com di PEVS 2022.


Steve juga mengatakan, usai di konversi pemilik motor bisa dengan mudah mengisi daya baterai. Ukuran baterai kecil dan dirancang agar bisa dicopot dari motor.

Alhasil, jika daya baterai habis dan kabel tidak sampai untuk ke tempat mencolok listrik, baterai tinggal di copot di bawa aja ke kamar atau di meja kantor.

COO Elders Garage Steve di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com COO Elders Garage Steve di PEVS 2022

“Casnya pake yang biasa aja. Pakai colokan dua gitu. Misalnya sedang di dekat mini market, jika colokan chargernya tidak sampai baterainya tinggal dilepas saja,” kata Steve.

Baca juga: Deretan Merek Mobil Listrik di PEVS 2022

Sementara itu, Elders Garage sendiri menjadi salah satu peserta yang ikut pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta selama 22- 31 Juli 2022.

Jika pada awal debutnya menggarap motor kustom, kini Elders Garage berfokus kepada konversi motor Vespa klasik menjadi motor listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.