Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Konversi Mobil Listrik, Spora EV Kolaborasi Dengan EVCuzz

Kompas.com - 24/07/2022, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonversi mobil konvensional menjadi mobil listrik. Untuk itu, penting juga didukung dengan infrastruktur yang baik.

Sebab, dengan metode konversi, kendaraan konvensional, apapun jenisnya, yang berbahan bakar bensin atau solar, dapat dikonversi menjadi kendaraan listrik yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca juga: Deretan Mobil Listrik yang Bisa Dicoba di PEVS 2022

Konversi mobil konvensional menjadi mobil listrik juga belakangan ini mulai banyak dilakukan. Salah satu perusahaan startup yang fokus dalam konversi mobil konvensional adalah Spora EV.

Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.AUTOCAR.co.uk Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

Untuk diketahui, Spora EV sudah sejak 2020 mulai mengembangkan teknologi konversi ini dan aplikasinya di berbagai sektor, seperti kendaraan umum, logistik, pertambangan hingga ke perkebunan.

CEO Spora EV Triharsa Adicahya, mengatakan, dalam strategi pengembangan ke depannya, Spora EV menargetkan untuk bisa mengkonversi hingga 1.500 kendaraan berbagai jenis per tahunnya.

Baca juga: DFSK Bicara Peluang dan Harga Mobil Listrik Mungil Pesaing Wuling

"Salah satu kunci penting dalam tercapainya target ini adalah ketersediaan jaringan charging station atau stasiun pengisian listrik umum, khususnya untuk pelanggan-pelanggan korporasi yang mengoperasikan ratusan bahkan ribuan kendaraan setiap harinya," ujar Adicahya, dalam keterangan resminya.

Spora EV dan EVCuzz berkolaborasi untuk meningkatkan infrastruktur kendaraan listrikDok. Spora EV Spora EV dan EVCuzz berkolaborasi untuk meningkatkan infrastruktur kendaraan listrik

Untuk itu, Spora EV bekerjasama dengan EVCuzz, perusahaan startup jaringan pengisian listrik kendaraan. Keduanya bersepakat untuk menandatangi nota kesepahaman, untuk bersinergi memberikan solusi lengkap ekosistem kendaraan listrik.

“Salah satu fokus usaha Spora EV adalah menyediakan konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik untuk empat sektor penting, yakni pertambangan, perkebunan, logistic dan transportasi publik. Kerjasama dengan EVCuzz ini penting guna menjamin ketersediaan energi melalui infrastruktur charging bagi pelanggan korporasi ini," ujar Adicahya. 

Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.AUTOCAR.co.uk Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

Diharapkan dengan kolaborasi ini, EVCuzz bisa semakin memperluas jaringan dan pelayanan stasiun pengisian listrik mereka.

Sehingga, bisa memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi pelanggang-pelanggan korporasi yang memiliki armada dalam jumlah besar untuk mulai berpindah ke kendaraan listrik, melalui skema konversi yang lebih hemat dari sisi up front cost dan operating cost.

“Kolaborasi ini sangat strategis. Bayangkan jika sebuah perusahaan logistik dengan sekitar 1000 armada mobil ingin pindah ke kendaraan listrik, tentu perlu disiapkan juga infratruktur charging-nya” kata CEO EVCuzz Abdul Rahman Elly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com