Kompas.com - 24/07/2022, 17:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Konversi Vespa lawas menjadi motor listrik kini bisa menjadi alternatif bagi para pecinta kendaraan asal Italia tersebut.

Desain klasik masih tetap dipertahankan namun jauh lebih modern dan ramah lingkungan karena disokong motor listrik.

Namun tentunya tetap ada biaya yang perlu dikeluarkan saat akan memodifikasi Vespa lawas menjadi motor listrik.

Lalu berapa biaya konversinya?

Baca juga: Ada 2 Motor Listrik Kembar Mirip Vespa Primavera di PEVS 2022

"Kalau budget memang kita agak mahal. Baterai menjadi komponen yang paling mahal. Ini harganya bisa Rp 9.500.000," kata COO Elders Garage Steve, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu di ajang PEVS 2022.

Steve mengatakan, baterai yang dipakai yaitu Panasonic Tesla yang biasa digunakan mobil Tesla.

Meski agak mahal, Elders Garage sengaja menjaga kualitas. Hal tersebut agar jangan sampai memperkenalkan hal baru kepada masyarakat namun malah kapok karena baterainya.

"Kita selalu bantu pelanggan untuk mendapatkan goal dia dengan harga yang cocok dengan apa yang dia mau. Jdi harga bisa berubah. Namun kami juga menyediakan opsi harga untuk pilihan yaitu kategori Speedster dan Duro," kata Steve.


Estimasi biaya konversi untuk kategori Speedster yaitu Rp 25.800.000. Nantinya Vespa akan mendapatkan lithium ion 21700 72v 24Ah, kemudian untuk bagian motor akan menggunakan electric V2 3KW disc brake

Lalu akan disematkan controller electric square wave 80a yang menggunakan bluetooth untuk menyambungkan ke smartphone, kecepatan maksimal 75-80 km per jam, kecepatan rata-rata 60-70 km untuk eco mode, dengan durasi pengisian daya 5 jam sampai full.

Konversi Vespa Listrik Elders Garage di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com Konversi Vespa Listrik Elders Garage di PEVS 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.