Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Kondisi Jalan Macet

Kompas.com - 18/07/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil transmisi matik memang lebih praktis dan mudah. Salah satunya, membuat pengendara lebih ringan saat melalui jalanan yang macet karena tidak perlu bolak-balik menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi.

Meski tidak perlu memindah-mindahkan tuas transmisi pada mobil matik, tapi tetap saja perlu diperhatikan posisi yang paling baik seperti apa saat melewati jalan macet.

Sebab, perbedaan perilaku kecil dalam mengemudikan mobil matik bisa memberikan dampak pada ketahanan komponen transmisi. Seperti apa penjelasanya?

Baca juga: Mengenal Arti Kode pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Pertalite Langka, Senjumlah SPBU di Wilayah Ajatappareng MacetSUDDIN SYAMSUDDIN Pertalite Langka, Senjumlah SPBU di Wilayah Ajatappareng Macet

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan alangkah baiknya mengurangi memindah-mindahkan tuas transmisi matik demi kestabilan tekanan oli matik di dalam transmisi.

“Jika kondisinya merayap sebaiknya di D saja, cuma kalau berhenti cukup lama silakan saja pindahkan ke N, karena memindah-mindahkan dari N ke D bisa membuat hentakan yang bisa memperpendek usia kampas kopling atau pun seal matiknya karena tekanan oli yang tidak stabil,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (18/7/2022).

Dia juga mengatakan perpindahan dari D ke N atau sebaliknya bisa menimbulkan getaran yang bisa membuat kotoran di dasar tangki oli matik terangkat sehingga ikut bersirkulasi.

Dua mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke tanjakan Kebun Cengkeh, Ambon untuk memadamkan sebuah mobil angkot yang terbakar, Selasa malam (12/7/2022). Kejadian itu menyebabkan kemacetan parah di kawasan tersebutKOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Dua mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke tanjakan Kebun Cengkeh, Ambon untuk memadamkan sebuah mobil angkot yang terbakar, Selasa malam (12/7/2022). Kejadian itu menyebabkan kemacetan parah di kawasan tersebut

Baca juga: Penyebab Tuas Transmisi Mobil Matik Tersangkut

Hal itu dapat mengakibatkan menyumbat aliran oli transmisi atau membuat kampas kopling terkikis secara perlahan karena oli mengandung partikel debu.

Dia mengatakan, perpindahan tuas dari N ke D atau sebaliknya biasanya berpengaruh ke putaran mesin yang naik turun. Justru kalau dibiarkan di posisi D putaran mesin akan stabil dan aliran oli matiknya stabil.

Seperti yang diketahui, oli akan mengalir tanpa terjadi masalah ketika posisi transmisi D dalam kondisi mobil berhenti sekali pun. Karena karakter torque converter seperti kopling yang bisa memutuskan gaya putaran mesin ke transmisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.