Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur GPS Lebih Dibutuhkan Pengendara Pria atau Wanita?

Kompas.com - 18/07/2022, 17:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kini banyak pengemudi mobil yang menggunakan fitur Global Positioning System (GPS) sebagai petunjuk arah. Peta digital tersebut akan mempermudah untuk mencapai lokasi tujuan tanpa harus tersesat.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa wanita memiliki karakter berkendara yang berbeda dari pria. Salah satunya, perbedaan yang kerap dijumpai, yaitu soal kemampuan navigasi spasial. Maka dari itu, fitur GPS sangatlah dibutuhkan oleh pengendara mobil wanita.

Baca juga: Kenapa Sepeda Listrik Dilarang Dipakai di Jalan Raya?

Training Direction The Real Driving Center Marcell Kurniawan yang mengatakan, bahwa GPS merupakan fitur tambahan yang wajib ada di dalam mobil wanita.

“Penelitian di Norwegian University of Science and Technology juga sudah membuktikan bahwa kemampuan spasial laki-laki lebih baik daripada wanita. Otak laki-laki dan wanita berbeda, mungkin hasil evolusi dari zaman prasejarah dimana laki-laki sebagai hunter dan wanita sebagai gatherer,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.


Penyebab lainnya menurut Marcell adalah, hormon testosteron yang ada pada laki-laki membuatnya lebih adaptif dibandingkan dengan wanita.

“Sebagian besar testosteron yang diproduksi dalam testis dan kelenjar adrenal. Hal ini berhubungan dengan kemampuan navigasi tersebut yang lebih baik dibandingkan wanita. Jadi GPS menjadi salah satu fitur penting untuk pengemudi wanita,” kata Marcell.

Ilustrasi pengendara wanita.AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINE Ilustrasi pengendara wanita.

Baca juga: Pasang Tombol Start Stop Engine Mobil, Cuma Modal Rp 1 Jutaan

Marcell mengingatkan bagi pengendara wanita yang menggunakan fitur GPS sebaiknya tidak meletakan ponsel pada kaca mobil karena akan mengganggu pandangan.

“Lebih baik taruh di dashboard, lebih aman. Dan saat menggunakan GPS pastikan lebih mengandalkan perintah suara dari pada sering melihat ke layar ponsel,” kata Marcell.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com