Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir

Kompas.com - 18/07/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain perlu memperhatikan setiap sisi, rupanya memarkir mobil matik juga perlu memperhatikan hal-hal teknis agar komponen transmisi matik tetap awet terjaga.

Salah satunya yaitu memperhatikan tuas transmisi begitu juga rem tangan. Bahkan, untuk melakukannya pun ada metode khusus agar mengurangi risiko kerusakan pada transmisi matik.

Selain ada risiko rusak, memarkir dengan tuas transmisi yang tidak tepat bisa menimbulkan risiko lain seperti mobil bergerak sendiri saat ditinggalkan. Terutama ketika Anda memarkir mobil di area yang miring.

Baca juga: Parkir Pakai Mobil Matik, Hati-hati Salah Injak Pedal

Generasi baru Honda CR-VPAULTAN Generasi baru Honda CR-V

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun, Eko Setiawan mengatakan ada yang perlu diperhatikan saat memarkir mobil matik, khususnya urutan pengoperasian tuas transmisi dan rem tangan.

“Pastikan mobil sudah berhenti sempurna, jangan memindahkan tuas transmisi ke P sebelum menarik rem tangan secara penuh, jika rem tangan sudah ditarik penuh baru tuas transmisi bisa dipindahkan ke P,” ucap Eko kepada Kompas.com, Senin (18/7/2022).

Dia mengatakan pemindahan tuas transmisi ke P sebelum rem tangan ditarik dapat membuat parking pawl nyangkut. Itu bisa membuat perpindahan tuas dari P ke R menjadi keras saat ingin pindah dari tempat parkir.

Baca juga: Alasan Kenapa Parkir Mobil Mundur Lebih Aman

Modifikasi Toyota All New Veloz garapan Duta Auto SolutionDok. Duta Auto Solution Modifikasi Toyota All New Veloz garapan Duta Auto Solution

Seperti yang diketahui, saat mobil matik posisinya P maka mobil masih bisa maju dan mundur sedikit. Saat mentok maju atau mundur tersebut, itu lah batas parking pawl tegang.

Jadi, saat mentok lalu rem tangan ditarik maka itu artinya mobil terparkir dalam keadaan parking pawl tegang.

Sehingga saat mau jalan setelah parkir, perpindahan tuas transmisi dari P ke R menjadi berat atau nyangkut. Terlebih lagi kendaraan terparkir di tempat miring, maka akan semakin membuat parking pawl tegang karena beban kendaraan.

Kondisi ini bisa membuat komponen transmisi rusak, karena ada unsur pemaksaan saat memindahkan tuas transmisi. Itulah sebabnya, Eko menyarankan untuk menarik rem tangan terlebih dulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke P.

Harapannya, agar parking pawl tidak menegang karena mobil belum berhenti dengan sempurna atau terkunci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.