Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti Kode pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 16/07/2022, 16:22 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil transmisi matik, tuas transmisinya tidak mengacu pada gigi percepatan layaknya pada mobil transmisi manual. 

Tuas transmisi mobil matik biasanya berupa huruf dan angka yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Urutan dan kombinasinya pun seringkali berbeda-beda tergantung dari pabrikan mobilnya.

Ini dijelaskan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna. Setiap pabrikan memiliki kode huruf ataupun angka yang tidak sama, namun memiliki fungsi pengoperasian yang sama.

Baca juga: Respons Transmisi Matik Lambat, Coba Cek Komponen Ini

"Pada tuas transmisi mobil matik ada kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L, ada juga yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," ucap Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jumlah kode pada tuas transmisi matik juga tidak sama tergantung dari pabrikan dan keburuhan mobilnya.Namun secara umum, berikut kode yang kerap ditemui pada transmisi matik beserta fungsinya:

Tuas transmisi Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Tuas transmisi Daihatsu New Sirion

Baca juga: Larangan Penggunaan Sepeda Listrik Mulai Menyebar ke Wilayah Lain

P (Parking)

Digunakan saat kendaraan parkir, sehingga transmisi terkunci pada posisi ini saat mobil diparkir atau berhenti dalam jangka waktu yang lebih lama.

R (Reverse)

Digunakan saat mobil akan menjalankan mundur mobil.

N (Neutral)

Posisi transmisi ini membuat mobil tidak bergerak; hubungan mesin denga roda dalam keadaan bebas.

D (Drive)

Posisi tuas yang terbaik untuk mobil saat dipakai berjalan normal. Transmisi akan menyesuaikan secara otomatis percepatan mobil sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu.

2/S (Second)

Digunakan saat mobil akan melalui medan yang menanjak yang tidak terlalu curam atau area pegunungan. Tuas yang berada di posisi ini membuat kendaraan hanya akan melaju sampai gigi dua.

1/L (Low)

Serupa dengan 2/S, namun ini digunakan untuk mobil ketika akan melaju melintasi medan yang lebih curam lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com