Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Tuas Transmisi Mobil Matik Tersangkut

Kompas.com - 12/07/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpindahan tuas transmisi matik pada mobil tidak selalu lancar, kadang ada saja kendala yang membuatnya tak bisa dioperasikan seperti biasa.

Kendala ini sering terjadi pada mobil matik, tuas transmisi terkadang tidak bisa berpindah, seperti nyangkut. Tuas tersebut bisa berpindah normal bila tombol shift lock ditekan. Tentu itu bukan pengoperasian yang benar karena kondisi mesin sedang menyala.

Kondisi ini artinya, sistem shift lock bekerja tidak benar. Seharusnya, pemindahan tuas transmisi diperlukan menekan tombol shift lock hanya ketika kunci kontak dicabut.

Baca juga: Tuas Transmisi Matik Sulit Dioper, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Interior Wuling CortezKompas.com Interior Wuling Cortez

Nah, menghadapi fenomena ini, hal pertama yang perlu dicurigai adalah rangkaian mekanikal shift lock itu sendiri. Sejenis kawat yang menghubungkan kunci kontak dan tuas transmisi.

Mekanikal ini butuh tingkat kepresisian yang tinggi, jika sedikit saja bergeser maka kerja shift lock menjadi tidak benar.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan biasanya ada yang patah di bagian ujungnya, sehingga fungsi shift lock bermasalah.

“Sudah menjadi penyakit umum mobil matik, khususnya Nissan Serena C24, ujung mekanikal shift lock yang menuju kunci rumah kontak itu patah, jadi perlu diganti kawat penghubung tersebut,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Ketahui Arti Huruf pada Tuas Transmisi Matik Daihatsu New Sirion

Tombol release button mobil matik untuk fitur keamananDicky Aditya Wijaya Tombol release button mobil matik untuk fitur keamanan

Dia mengatakan ujung kawat penghubung tersebut biasanya patah sehingga tidak bisa lurus.
Padahal, agar shift lock bekerja normal maka kawat tersebut harus lurus.

“Bisa diperbaiki, tapi tidak semua orang bisa, karena ini modalnya logika dan kreativitas,” ucap Agus.

Dia mengatakan dengan diperbaiki bisa menjadi solusi tanpa harus mengganti kawat penghubung shift lock yang harganya cukup mahal kalau untuk harga seutas kawat penghubung.

“Garansi sembuh, kalau tidak sembuh ya tidak usah bayar, itu bisa menjadi solusi sementara sih, tapi kalau bertahan cukup lama ya apa boleh buat,” ucap Agus.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Interior Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Interior Toyota All New Voxy

Meski tidak diberikan garansi, Agus mengatakan biasanya hasil perbaikannya cukup efektif dan awet. Untuk biaya perbaikannya sendiri, setiap bengkel mematok harga yang berbeda-beda.

Jadi, ketika tuas transmisi matik terkadang terasa nyangkut, dan bekerja normal ketika tombol shift lock ditekan, maka kemungkinan besar tersangkanya adalah mekanisme shift lock yang berupa kawat penghubung antara tuas transmisi dan rumah kunci kontak sudah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com