Mengenal Arti Kode pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 16/07/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil transmisi matik, tuas transmisinya tidak mengacu pada gigi percepatan layaknya pada mobil transmisi manual. 

Tuas transmisi mobil matik biasanya berupa huruf dan angka yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Urutan dan kombinasinya pun seringkali berbeda-beda tergantung dari pabrikan mobilnya.

Ini dijelaskan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna. Setiap pabrikan memiliki kode huruf ataupun angka yang tidak sama, namun memiliki fungsi pengoperasian yang sama.

Baca juga: Respons Transmisi Matik Lambat, Coba Cek Komponen Ini

"Pada tuas transmisi mobil matik ada kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L, ada juga yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," ucap Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jumlah kode pada tuas transmisi matik juga tidak sama tergantung dari pabrikan dan keburuhan mobilnya.Namun secara umum, berikut kode yang kerap ditemui pada transmisi matik beserta fungsinya:

Tuas transmisi Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Tuas transmisi Daihatsu New Sirion

Baca juga: Larangan Penggunaan Sepeda Listrik Mulai Menyebar ke Wilayah Lain

P (Parking)

Digunakan saat kendaraan parkir, sehingga transmisi terkunci pada posisi ini saat mobil diparkir atau berhenti dalam jangka waktu yang lebih lama.

R (Reverse)

Digunakan saat mobil akan menjalankan mundur mobil.

N (Neutral)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.